Teater ‘Surat-Surat Karna’ Bakal Pentas 20 November Mendatang

- Kamis, 10 November 2022 | 16:25 WIB
Teater 'Surat-Surat Karna' yang bakal pentas pada Minggu, 20 November 2022 mendatang. (Dok. Komunitas Salihara)
Teater 'Surat-Surat Karna' yang bakal pentas pada Minggu, 20 November 2022 mendatang. (Dok. Komunitas Salihara)

BERITABAIK.ID - Bakal ada pertunjukan teater bertajuk ‘Surat-Surat Karna’ di Teater Salihara, Minggu (20/11/2022) mendatang.

Pentas teater ini akan dimainkan oleh sejumlah tokoh seperti Landung Simatupang sebagai Parashurama, Ruth Marini sebagai Kunthi, Syam Ancoe Amar sebagai Karna, dan Rebecca Kezia sebagai Radha. 

Pementasan ini akan dimainkan dalam durasi 90 menit menyajikan sudut pandang baru terhadap tokoh Karna yang jarang disorot dalam kisah-kisah pewayangan pada umumnya.

Sebagai tokoh pewayangan, tokoh Karna diceritakan berbeda dengan tokoh-tokoh lainnya seperti para Kurawa maupun Pandawa. Ia bertempur di pihak Kurawa meski bukan seorang Kurawa; Ia merupakan anak Kunthi meskipun bukan bagian dari Pandawa.

Baca Juga: Berita Baik, 50 Ribu Rumah di Bandung Timur Bakal Teraliri Air Bersih

Goenawan Mohamad selaku Penulis Lakon dan Sutradara menaruh perhatian khusus terhadap tokoh ini. Baginya, Karna bukanlah siapa-siapa, bukan dari kalangan bangsawan dan juga tidak perkasa. Sisi minoritas dalam diri Karna inilah yang diharapkan dapat memantik empati bagi siapa pun yang mendengar kisahnya. Seorang kesatria dari golongan minoritas yang mendambakan status bangsawan. 

“Ini (Surat-Surat Karna) adalah pentas yang bagus dan sudah 11 tahun lamanya tidak dipentaskan. Karna ini kan manusia yang tidak perkasa, tidak dalam golongan manapun. Dia minoritas dalam minoritas. Sehingga kita harus punya empati. Dia anak rakyat yang ingin menjadi bangsawan.” ujar Goenawan dalam siaran persnya.

Goenawan menafsirkan kisah Karna dengan memanfaatkan naskah Jawa Kuno, cerita tentang nasib tragis anak rahasia Kunthi; ibu dari para Pandawa–Arjuna, Bima, dan Yudhistira–tersebut.

Baca Juga: Calendar of Event Kota Bandung 2023 Dirilis, Catat Tanggalnya

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesan Ridwan Kamil untuk Kelompok Penyanyi Jalanan Jabar

Minggu, 25 September 2022 | 22:25 WIB
X