Kisah Wayang Uwuh Kreasi Iskandar yang Sudah 'Go Internasional'

- Jumat, 20 Januari 2023 | 14:30 WIB
Iskandar Hardjodimuljo (60) dan kreasi 'Wayang Uwuh'-nya. (jogjakota.go.id)
Iskandar Hardjodimuljo (60) dan kreasi 'Wayang Uwuh'-nya. (jogjakota.go.id)

 

BERITABAIK.ID - Iskandar Hardjodimuljo (60) membuat pencapaian keren dengan kreativitas wayang dari sampah-nya. Selain bernilai ekonomis, ‘Wayang Uwuh’ buatannya kini sudah Go International!

Ya, di tangan Iskandar, sampah-sampah kertas dan plastik bisa disulap menjadi berbagai tokoh wayang.

“Kebetulan saya suka wayang dari kecil. Akhirnya timbul ide bikin wayang,” kata Iskandar dalam keterangan resmi Pemerintah Kota Yogyakarta.

Ia menggeluti pembuatan wayang dari barang-barang bekas atau sampah sejak tahun 2013. Saat itu dirinya diajak temannya untuk berkiprah dalam kegiatan Jakarta Biennale. Namun, ia memiliki dana yang terbatas.

Untuk mengatasinya dia menggunakan bahan baku sampah dari Sungai Ciliwung karena dirinya juga menjadi relawan sungai guna pembenahan lingkungan. Apalagi saat itu banyak sampah berserakan di Sungai Ciliwung karena banjir  besar.

 

Wayang berbahan barang-barang bekas karya Iskandar itu dinamakan wayang uwuh. Dalam bahasa Jawa kata uwuh berarti sampah.

Dia menyebut sudah ada ratusan bahkan lebih wayang yang dibuat. Beberapa karakter wayang yang dibuat antara lain Pandawa Lima, Ramayana seperti tokoh Rahwana, Rama, Sinta, Wibisana, Kumbakarna, Anoman dan lainnya.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesan Ridwan Kamil untuk Kelompok Penyanyi Jalanan Jabar

Minggu, 25 September 2022 | 22:25 WIB
X