Potret Seabad Chairil Anwar dalam Pameran ‘Aku Berkisar Antara Mereka’

- Kamis, 3 November 2022 | 15:10 WIB
Suasana pameran  ‘Aku Berkisar Antara Mereka’ di Galeri Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (Komunitas Salihara/Witjak Widi Cahya)
Suasana pameran ‘Aku Berkisar Antara Mereka’ di Galeri Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (Komunitas Salihara/Witjak Widi Cahya)

 

BERITABAIK.ID - Ada pameran bertajuk ‘Aku Berkisar Antara Mereka’ di Galeri Salihara, Jalan Salihara Nomor 16, Pasar Minggu Jakarta Selatan. Pameran ini merupakan salah satu rangkaian dari program Seratus Tahun Chairil Anwar yang diinisiasi Komunitas Salihara.

Pembukaan pameran ini menghadirkan sambutan dari sejumlah tokoh-tokoh penting seperti: Goenawan Mohamad (sastrawan dan pendiri Komunitas Salihara), Nadiem Anwar Makarim (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi), Eka Nuretika Putra, Laksmi Pamuntjak (perwakilan kurator pameran).

Pameran ini resmi dibuka oleh Rizal Mallarangeng selaku Komisaris PT. Telkom Indonesia.

Baca Juga: Festival Bandung Ulin Pecahkan Rekor Permainan Tradisional Indonesia

Sebagai informasi, pameran ‘Aku Berkisar Antara Mereka’ merupakan sebuah program kerja sama  dengan Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin yang dikuratori oleh Cecil Mariani dan Laksmi Pamuntjak. 

Dalam tulisan kuratorial yang ditulis oleh keduanya pameran ini ingin memaknai ulang kontribusi sang penyair dalam dunia sastra Indonesia dan memberikan dimensi lain selain mitos “binatang jalang” yang melekat pada dirinya.

“Popularitas Chairil tak dapat dilepaskan dari mitos “binatang jalang” yang telah lama berkembang seputar kepenyairannya. Kami percaya bahwa penyair tak berdiri sendiri; ia adalah produk tradisi yang mendahuluinya. Bagi kami, kekhususan Chairil justru terletak pada penghormatan dan pembaharuannya atas tradisi yang ia pilih, sesuai dengan wawasan, bacaan, kepribadian, hasrat dan situasinya,” tulis kedua kurator.

Seorang pengunjung menikmati karya dalam pameran ‘Aku Berkisar Antara Mereka’'. (Komunitas Salihara/Witjak Widi Cahya)

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesan Ridwan Kamil untuk Kelompok Penyanyi Jalanan Jabar

Minggu, 25 September 2022 | 22:25 WIB
X