Kain Indah Sang Raja Dipamerkan di Taman Pintar Yogyakarta

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 06:00 WIB
Adiwastra Narawita, Penampilan kain indah Sang Raja di Taman Pintar Yogyakarta.  (jogjakota.go.id)
Adiwastra Narawita, Penampilan kain indah Sang Raja di Taman Pintar Yogyakarta. (jogjakota.go.id)

 

BERITABAIK.ID - Ada pameran batik bertajuk Adiwastra Narawita: Kain Indah Sang Raja di Taman Pintar Yogyakarta. Acara ini berlangsung 28 Oktober 2022 hingga 3 November 2022.

Pameran ini menampilkan puluhan kain batik koleksi Keraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman. Hadirnya pameran ini semakin meneguhkan Kota Yogyakarta sebagai kota budaya dengan mengedukasi masyarakat terkait kain batik.

Pejabat Walikota Yogyakarta Sumadi menyampaikan apresiasi kepada Keraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman atas terlaksananya pameran batik di Taman Pintar. Menurutnya, pameran tersebut merupoakan bentuk masyarakat terkait kain batik Keraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman beserta nilai-nilai filosofinya.

“Harapannya sinergi terus berlanjut. Ini menjadi wahana Pemkot Yogyakarta untuk meneguhkan Yogya sebagai kota pendidikan dan budaya. Terus bersama-sama memberi edukasi ke masyarakat,” kata Sumadi dalam pembukaan pameran batik di Taman Pintar, Jumat (28/10/2022).

Baca Juga: Savlite, Inovasi Mahasiswa ITB untuk Suplai Daya Lampu Penerangan Jalan

Lebih lanjut, menurut Sumadi masih ada beberapa kalangan masyarakat yang belum tahu pemakaian batik secara filosofis. Maka dari itu, dikenalkan batik-batik koleksi Kraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman.

“Dalam pameran ini kita mendapatkan nilai-nilai luar biasa dari Keraton Yogyakarta terkait batik larangan dan motif-motif larangan yang dipakai di lingkungan keraton. Ini harus selalu kita edukasi ke masyarakat, karena Yogya adalah kota pendidikan, kota budaya dan kreatif yang harus selalu kita edukasi nilai-nilai filosofi,” bebernya.

Sebanyak 27 koleksi kain batik Keraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman ditampilkan dalam pameran ini. Keraton Yogyakarta menampilkan koleksi batik Awisan Ndalem atau Batik Larangan, yaitu motif-motif batik yang penggunaannya terikat aturan-aturan di Keraton Yogyakarta dan tidak semua orang boleh memakai.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesan Ridwan Kamil untuk Kelompok Penyanyi Jalanan Jabar

Minggu, 25 September 2022 | 22:25 WIB
X