Serba-serbi Pengasuhan Anak Indonesia dalam Etnoparenting Exhibition

- Senin, 31 Oktober 2022 | 12:15 WIB
Hasil riset Tim Etnoparenting yang akhirnya tersaji dalam pameran Etnoparenting Exibition 2022. (Istimewa)
Hasil riset Tim Etnoparenting yang akhirnya tersaji dalam pameran Etnoparenting Exibition 2022. (Istimewa)

BERITABAIK.ID - Berbarengan dengan perayaan Sumpah Pemuda, Tim Etnoparenting memamerkan hasil risetnya dalam Etnoparenting Exhibition 2022 di Museum Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Mengusung tema ‘Exploration of Indonesian Etnoparenting’s Horizon Based on Cultural Diversity’, Pameran ini merupakan hasil penelitian Tim Etnoparenting selama 3 tahun, tepatnya sejak 2020.

Dalam catatan kuratorialnya, kajian etnoparenting itu sendiri muncul karena adanya persoalan dominasi barat yang menjadi hegemoni yang memandang situasi pengasuhan anak di Indonesia.

Di sisi lain, ada banyak penelitian yang menyatakan pengasuhan anak sangat dipengaruhi oleh konteksnya, seperti kondisi geografis, sosial-budaya, keyakinan dan agama orang tua.

“Upaya penggalian khazanah kearifan lokal dalam pengasuhan anak ini dimulai dari kajian desertasi pada tahun 2016 di kampus NDHU Taiwan. Kala itu dilakukan riset tentang pengasuhan anak di Kampung Naga, Tasikmalaya, Jawa Barat,” ujar Ketua Tim Peneliti Etnoparenting Yeni Rachmawati, PhD.

Baca Juga: Serunya Menyantap Makanan Bersama Para ‘Hantu’ di Karnivor Bandung

Pameran ini menyuguhkan beberapa karya sebagai produk hasil penelitian, antara lain buku-buku akademik produk hasil penelitian, HKI, video, buku cerita anak, situs daring, laporan penelitian, jurnal dan prosiding.

Kemudian, testimoni para mahasiswa peserta mata kuliah etnoparenting, tesis dan skripsi mahasiswa terkait etnoparenting, serta beberapa lukisan dan ukiran tentang Ibu dan anak dari para seniman.

Selain itu, Etnoparenting Exhibition 2022 juga menampilkan beberapa produk kearifan lokal yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesan Ridwan Kamil untuk Kelompok Penyanyi Jalanan Jabar

Minggu, 25 September 2022 | 22:25 WIB
X