bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kesehatan
Lakukan kebiasaan ini di malam hari aga bangun pagi Anda bahagia

Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Yuk Biasakan Bangun Pagi!

 

BERITABAIK.ID - Beberapa orang memiliki pola tidur berbeda. Ada yang terbiasa bangun pagi, ada juga yang tidak.

Meski begitu, beberapa sumber dan penelitan menyebut bangun pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, bangun pagi pun ternyata berdampak baik untuk kesehatan mentalmu loh!

Masih banyak lagi manfaat bangun pagi untuk kesehatan. Penasaran? Simak ulasannya, yuk!

1. Mendukung Pola Makan Sehat 

Ketika bangun pagi, kamu punya cukup waktu untuk menyiapkan sarapan sehat. Sebaliknya, kebanyakan orang memilih makanan cepat saji yang cenderung tidak sehat saat bangun siang.

Beberapa orang bahkan memilih untuk melewatkan sarapan karena takut terlambat. Akibatnya, produktivitas dapat terpengaruh karena perut masih dalam keadaan kosong.

2. Kesehatan Kulit

Bangun siang membuat kamu kekurangan waktu untuk merawat kulit. Dampaknya, kulit menjadi terlihat lebih kusam dan tidak sehat.

Jika bangun pagi, kamu memiliki cukup waktu untuk melakukan eksfoliasi wajah dan tubuh saat mandi. Hal ini membantu melembapkan dan membersihkan kulit.

Baca Juga: ‘Derisik’, Suara Tak Berwujud ala Colderra

Olahraga pagi setelah bangun tidur juga memberikan manfaat dalam menyehatkan kulitmu.

3. Punya Waktu untuk Berolahraga

Selain menjaga tubuh tetap bugar dan bersemangat untuk menjalani hari, berolahraga juga baik untuk kesehatan mental karena dapat membantu mengatasi stres.

Selain itu, berolahraga pagi memberi kesempatan bagi kamu untuk menghidup udara segar. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan suasana hati dan memberi energi tambahan untuk beraktivitas.

Beberapa sumber menyebut, udara dingin dapat membakar kalori dengan lebih efektif dan membantumu menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan Konsentrasi 

Manfaat bangun pagi selanjutnya yaitu membantu meningkatkan konsentrasi. Bangun lebih awal berarti kamu memiliki cukup waktu untuk menyiapkan rencana aktivitas hari itu.

Hasilnya, kamu akan lebih fokus ketika beraktivitas tanpa banyak memikirkan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh

Berbeda ketika bangun siang, terbatasnya waktu cenderung membuat aktivitasmu kurang terorganisir.

5. Meningkatkan Produktivitas 

Bangun pagi merupakan rutinitas sehat yang meningkatkan produktivitas. Manfaat bangun pagi ini bisa didapatkan karena beberapa alasan, di antaranya: memberikan banyak waktu untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, pikiran cenderung lebih jernih, dan kamu lebih mudah fokus pada tugas penting dengan gangguan yang minim.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur 

Meningkatnya kualitas tidur merupakan salah satu manfaat bangun subuh yang paling penting.

Bangun lebih awal membantu mengurangi risiko bergadang, sehingga tubuh dapat beristirahat seperti seharusnya. 

Baca Juga: Canggih! Tim Bimasakti UGM Gagas Mobil Formula Student Hybrid

Efek positifnya, tubuh menjadi lebih segar ketika bangun.

Tak hanya baik untuk fisik, rutinitas ini juga dapat membantu mengurangi risiko stres, yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan mental

7. Merasa Lebih Bahagia 

Bahagia di sini bukan berarti merasa senang dalam waktu 15 menit setelah bangun pagi. Perasaan ini mengacu pada suasana hatimu secara umum setiap hari. 

Penelitian oleh Biss dan Hasher (2012) menunjukkan bahwa lansia cenderung lebih bahagia dari anak muda karena lebih sering bangun pagi.

Sementara itu, anak muda dan dewasa yang sering tidur larut malam dan jarang bangun pagi memiliki suasana hati yang lebih buruk setiap harinya. **

Editor : Marshal Deru Bumi

Sabar dan Konsisten, Ini 5 Cara Jitu Membiasakan Anak Salat

‘Derisik’, Suara Tak Berwujud ala Colderra