Canggih! Tim Bimasakti UGM Gagas Mobil Formula Student Hybrid

- Rabu, 25 Januari 2023 | 09:05 WIB
Tim Bimasakti dalam Grand Launching Riset Mobil Formula Student Hybrid diadakan Minggu (22/1/2023) siang di Garasi Tirtodipuran 17, Tujuan Coffee Yogyakarta. (Dokumentasi Universitas Gadjah Mada)
Tim Bimasakti dalam Grand Launching Riset Mobil Formula Student Hybrid diadakan Minggu (22/1/2023) siang di Garasi Tirtodipuran 17, Tujuan Coffee Yogyakarta. (Dokumentasi Universitas Gadjah Mada)

 

BERITABAIK.ID - Tim Bimasakti UGM resmi memulai riset teknologi hibrida atau hybrid untuk mobil formula, menjadikan tim ini sebagai pelopor riset mobil formula student hybrid di Indonesia.

Grand Launching Riset Mobil Formula Student Hybrid diadakan Minggu (22/1/2023) siang di Garasi Tirtodipuran 17, Tujuan Coffee Yogyakarta, bersamaan dengan acara Jogja Morning Run yang berkolaborasi dengan Indonesia Custom Show.

“Perkembangan teknologi motor sport dunia yang semakin maju memotivasi Tim Bimasakti untuk mengambil langkah menjadi pionir teknologi hybrid powertrain di dunia motorsport Indonesia. Langkah ini juga terinspirasi oleh transisi energi dunia yang mengarah ke inovasi-inovasi hemat energi dan rendah emisi,” terang Yosh Alfaninata selaku Kapten Tim Bimasakti Generasi 12 dalam laman resmi Universitas Gadjah Mada.

Sebagai pengingat, Tim Bimasakti merupakan tim formula mahasiswa Indonesia pertama dari Universitas Gadjah Mada yang dibentuk pada tahun 2010 silam, dan mulai mengikuti kompetisi pada tahun 2011.

Sebagai langkah awal menjadi pionir teknologi mobil formula hybrid di Indonesia, Tim Bimasakti telah menentukan beberapa keperluan desain ingin dikembangkan. Selain itu, Tim Bimasakti juga telah membuat visual tiga dimensi dari komponen-komponen sistem hybrid, yaitu sistem powertrain, drivetrain, dan energy storage system.

Baca Juga: Kisah Wayang Uwuh Kreasi Iskandar yang Sudah 'Go Internasional'

Riset teknologi hybrid ini dilakukan berdasarkan pengamatan pada teknologi yang telah diterapkan pada mobil Formula 1, supercar, dan juga mobil produksi lainnya. Riset juga banyak dilakukan berdasarkan kaidah engineering workflow yang baik mulai dari kalkulasi, analisis, dan validasi, serta melalui berbagai jurnal terkait. 

Sistem hybrid yang dikembangkan Tim Bimasakti memiliki cara kerja yang serupa dengan teknologi hybrid pada mobil-mobil Formula 1, yaitu menggunakan Regenerative Braking System yang mampu memanfaatkan energi yang terbuang akibat proses pengereman sehingga mesin dapat bekerja secara lebih efisien, hemat bahan bakar, dan lebih rendah emisi gas karbon. 

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Gryffindor ITS Sulap Bambu Jadi Bahan Bakar PLTU

Minggu, 25 Desember 2022 | 11:30 WIB

SMART, Inovasi Pelacak Energi Surya Buatan Mahasiswa UI

Selasa, 29 November 2022 | 12:00 WIB
X