Yuk, Lihat Lebih Dekat Potensi Gangguan Kesehatan Mental di Kantor!

- Senin, 31 Oktober 2022 | 09:30 WIB
Ilustrasi depresi. (Unsplash/Gadiel Lazcano)
Ilustrasi depresi. (Unsplash/Gadiel Lazcano)

 

BERITABAIK.ID - Masalah kesehatan mental bisa menyerang siapa saja, tanpa memandang jenis kelamin ataupun pekerjaan yang dilakoni. Meski begitu, pekerja kantoran terbilang rentan mengalami hal ini.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) di tahun 2018 menunjukkan sebanyak 19 juta penduduk Indonesia di atas usia 15 tahun mengalami gangguan kesehatan mental. Artinya, usia tersebut sebagian besar sudah masuk fase bekerja.

Apa saja sih gangguan kesehatan mental yang mungkin bisa menimpa para pekerja kantoran? Simak ulasan ini agar kita bisa sama-sama saling menjaga ya!

1. Depresi

Jenis masalah mental pertama yang paling sering dialami oleh pekerja adalah depresi. Beberapa gejala depresi di tempat kerja yang biasanya ditunjukkan antara lain, gelisah, gugup, mudah tersinggung, selalu mengeluh, dan tidak terlihat sehat.

Selain itu, seorang karyawan yang mengalami depresi juga cenderung menjadi lebih pasif. Baik saat diajak bicara secara langsung atau saat meeting, mereka lebih memilih untuk diam.

Baca Juga: Seharian Duduk di Kantor, Hindari Masalah Postur Tubuh dengan Cara Ini

Bahkan, tidak sedikit pula gejala depresi yang menunjukkan bahwa mereka sudah tidak ada semangat lagi untuk bekerja dan tidak bisa produktif lagi.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Cara ini Bisa Mengurangi Mata Minus

Rabu, 25 Januari 2023 | 07:00 WIB

Yuk! Jaga Kesehatan Ginjal dengan 7 Tips Mudah ini

Jumat, 13 Januari 2023 | 15:30 WIB

Catat Nih! 5 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Rabu, 21 Desember 2022 | 12:10 WIB

Diet Sehat dan Nikmat dengan Mengonsumsi 7 Sayuran Ini

Kamis, 15 Desember 2022 | 15:10 WIB
X