PIK Remaja, Saling Ingatkan Kesehatan Reproduksi Sejak Dini

- Kamis, 27 Oktober 2022 | 07:00 WIB
Peresmian program PIK Remaja oleh Pemkot Bandung. (Dok. Humas Kota Bandung)
Peresmian program PIK Remaja oleh Pemkot Bandung. (Dok. Humas Kota Bandung)

 

BERITABAIK.ID - Remaja di Kota Bandung sekarang sudah bisa berkonsultasi seputar kesehatan reproduksi di sekolah. Sebab, ada program Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) di Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) yang baru diresmikan oleh Pemkot Bandung.

Dalam peresmian program PIK Remaja, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kenny Dewi Kaniasari menjelaskan, kegiatan Sekolah Siaga Kependudukan dan Kelompok Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) bertujuan untuk memberikan arah dan pedoman bagi penanggung jawab atau pengelola pendidikan, guru pembina dalam melakukan penggarapan program kependudukan dan pemberdayaan keluarga.

Kegiatan tersebut di antaranya meningkatkan sebaran informasi pendidikan, konseling dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga bagi remaja segmentasi usia remaja awal (10-14 tahun). 

Baca Juga: Kapuspenkum Kejagung: Jaringan Media Penting untuk Tingkatkan Public Trust

Termasuk meningkatkan pengetahuan remaja segmentasi usia remaja awal (10-14 tahun) tentang kesehatan reproduksi remaja, perilaku berisiko dan persiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

"Pembentukan Pusat Informasi dan Konseling Remaja merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan pengetahuan remaja terkait seksualitas, pernikahan dini dan HIV/AIDS," ujar Kenny.

Kenny menerangkan, hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan No. PK. 03.02.07/7425-Disdik/IX/2022 Tentang Pembentukan Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Tingkat SMP Kota Bandung. 

Keputusan ini berisi penetapan 20 Sekolah Menengah Pertama Percontohan Pembentukan Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja sebagai bentuk implementasi untuk meminimalisir permasalahan Seksualitas, Pernikahan Dini dan HIV/AIDS pada remaja. 

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Artikel Terkait

Terkini

6 Cara ini Bisa Mengurangi Mata Minus

Rabu, 25 Januari 2023 | 07:00 WIB

Yuk! Jaga Kesehatan Ginjal dengan 7 Tips Mudah ini

Jumat, 13 Januari 2023 | 15:30 WIB

Catat Nih! 5 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Rabu, 21 Desember 2022 | 12:10 WIB

Diet Sehat dan Nikmat dengan Mengonsumsi 7 Sayuran Ini

Kamis, 15 Desember 2022 | 15:10 WIB
X