Ini 5 Tips Ampuh Usir Ketombe yang Menganggu Kulit Kepalamu

- Rabu, 11 Januari 2023 | 13:20 WIB
Ilustrasi Rambut Wanita. (Unsplash/Pablo Merchán Montes)
Ilustrasi Rambut Wanita. (Unsplash/Pablo Merchán Montes)

BERITABAIK.ID - Salah satu kesehatan kulit kepala yang banyak ditemui ialah masalah ketombe. Selain mengganggu penampilan, masalah kesehatan kulit kepala ini juga bisa mengganggu aktivitasmu.

Masalah ketombe biasanya disertai rasa gatal, tumbuh sisik-sisik kulit yang mengelupas, dan serpihan warna putih yang menempel di baju dengan warna gelap. Tentu, level kerenmu akan turun kalau sudah begini.

Perlu diketahui, ketombe merupakan salah satu bentuk dari dermatitis (Seborrheic dermatitis). Ketombe berawal dari pori-pori kulit kepala yang rentan dengan perkembangan jamur, bakteri, atau mikroba berlebih. Biasanya ketombe terjadi pada orang yang memiliki kulit kepala berminyak.

Jamur dan mikroba pada kulit sebenarnya tidak akan mengganggu dalam kondisi wajar. Namun, jika kondisi tertentu muncul, jerawat, ketombe, dan masalah kulit lain bisa saja muncul.

Baca Juga: Penting! Ajarkan Anak 5 Hal Mendasar ini Saat Masa Tumbuh Kembang

Merangkum dari berbagai sumber, Beritabaik.id punya beberapa tips untuk kamu yang sedang berjuang keras membasmi ketombe. Yuk, kita bahas ulasannya!

1.  Pilih Sampo untuk Mengatasi Ketombe

Kondisi kulit kepala akibat ketombe tentu membutuhkan perawatan khusus mulai dari jenis sampo yang dipakai sehari-hari. Sampo antiketombe memang diformulasikan dengan bahan yang bisa menyingkirkan jamur maupun strain bakteri. 

2.  Ubah Pola Makan Sehari-Hari

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Cara ini Bisa Mengurangi Mata Minus

Rabu, 25 Januari 2023 | 07:00 WIB

Yuk! Jaga Kesehatan Ginjal dengan 7 Tips Mudah ini

Jumat, 13 Januari 2023 | 15:30 WIB

Catat Nih! 5 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Rabu, 21 Desember 2022 | 12:10 WIB

Diet Sehat dan Nikmat dengan Mengonsumsi 7 Sayuran Ini

Kamis, 15 Desember 2022 | 15:10 WIB
X