• Kamis, 6 Oktober 2022

43 Jembatan Terdampak Banjir Bandang Garut akan Dibangun Kembali

- Jumat, 22 Juli 2022 | 13:01 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyeberangi Sungai Ciwalen menggunakan perahu untuk menemui warga.  (Humas Pemprov Jabar)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyeberangi Sungai Ciwalen menggunakan perahu untuk menemui warga. (Humas Pemprov Jabar)

BERITABAIK.ID - Pemprov Jabar akan membangun kembali jembatan di 43 titik Kabupaten Garut yang hancur diterjang banjir bandang beberapa waktu lalu.

Untuk mengaktivasi kembali kegiatan warga yang terdampak banjir bandang, Ridwan Kamil meninjau kondisi pascabanjir di Kampung Tegal Kalapa, Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.

Saat di lokasi, Ridwan Kamil sempat menyeberangi Sungai Ciwalen menggunakan perahu untuk menemui warga.

"Ini adalah satu titik dari 43 titik yang jembatannya hancur. Pemerintah Provinsi Jabar akan membantu, khusus di titik ini dalam empat hari akan selesai jembatan sementara," kata Ridwan Kamil di Garut, Kamis (21/07/2022).

"Menunggu empat hari saya sudah tugaskan Forkopimda agar relawan bisa menyeberangkan anak-anak naik perahu seperti yang saya lakukan barusan," imbuh Ridwan Kamil dalam siaran persnya.

Baca Juga: Mengenal Abah Jani, Perajin Wayang Golek dari Purwakarta

Pembangunan jembatan akan rampung dalam kurun waktu 3-4 bulan. Menurut kajian yang diterima Ridwan Kamil, nantinya jembatan akan dibangun lebih tinggi dua meter.

"Setelah empat hari, sekitar 3-4 bulan jembatan permanennya akan diselesaikan dengan dinaikan ketinggian karena hasil kajiannya ternyata ada kenaikan level banjir, sehingga perlu ditinggikan minimal dua meter," kata Ridwan Kamil.

"Selain di titik ini, ada 40 lagi jembatan lainnya di Garut. Insyaallah kami bantu, hanya lagi dipikirkan pula oleh Pak Bupati dan Wakil Bupati agar dikerjakan serempak karena kalau satu-satu pengerjaannya akan lama," tambahnya.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X