• Rabu, 30 November 2022

Hari Batik Nasional, Batik Raksasa 450 Meter Membentang di Kota Bandung

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 21:25 WIB
Pesona Batik Bandung, yang digelar di  Hotel Pullman dan Ibis Styles Bandung Grand Central, Sabtu (1/10/2022).  (Dok. Prokompim Kota Bandung)
Pesona Batik Bandung, yang digelar di Hotel Pullman dan Ibis Styles Bandung Grand Central, Sabtu (1/10/2022). (Dok. Prokompim Kota Bandung)

BERITABAIK.ID - Memperingati Hari Batik Nasional, ada yang tidak biasa dari tampilan Hotel Pullman dan Ibis Styles Bandung Grand Central.

Ya, ada batik raksasa sebesar 450 meter yang membentang di sana.

Bukan batik biasa, batik raksasa ini merupakan batik khas Kota Bandung yang dipamerkan dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional.

Dua batik dengan panjang 40 meter dan lebar 6 meter yang dibentangkan di Kota Bandung ini merupakan simbol peringatan Hari Batik Nasional dengan mengangkat tema Pesona Batik Bandung.

Kain batik ini merupakan kolaborasi Pemkot Bandung melalui Dekranasda Kota Bandung dengan Batik Komar, dan Hotel Pullman dan Ibis Styles Bandung Grand Central.

Motif atau corak yang disajikan adalah flora dan fauna, yakni burung cangkurileung dan bunga patrakomala sebagai ikon Kota Bandung.

Baca Juga: Ikon Baru dan Solusi Kemacetan, Fly Over Kopo Difungsikan Hari ini

Pemilik Batik Komar, Komaruddin Rudiya menjelaskan batik adalah simbol peradaban.

Ia menyebut, para leluhur melalui serangkaian proses mulai dari meditasi hingga pengendapan diri untuk menemukan nilai spiritual yang dituangkan ke dalam motif batik.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simpelman Hadir Permudah Layanan Pemakaman Kota Bandung

Selasa, 29 November 2022 | 18:35 WIB

Ridwan Kamil Hibur Anak-anak Terdampak Gempa Cianjur

Minggu, 27 November 2022 | 16:18 WIB
X