bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Membangun
Fly Over Kopo yang resmi difungsikan pada Sabtu (1/10/2022).

Ikon Baru dan Solusi Kemacetan, Fly Over Kopo Difungsikan Hari ini

 

BERITABAIK.ID - Fly Over Kopo resmi difungsikan hari ini, Sabtu (1/10/2022). Jalan layang ini hadir sebagai solusi kemacetan di kawasan Kopo - Leuwipanjang - Soekarno Hatta, di Kota Bandung.

Sebagai informasi, Fly Over Kopo adalah jalan layang yang membentang sepanjang 1,3 kilometer di sepanjang Jalan Soekarno Hatta.

Fly over ini melintasi persimpangan Jalan Cibaduyut - Leuwipanjang - Soekarno Hatta dan Kopo - Soekarno Hatta, di mana lalu lintas kedua persimpangan itu kerap terjadi kemacetan di jam sibuk kendaraan (pagi dan sore).

Dalam acara fungsionalisasi Fly Over Kopo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut selain sebagai solusi kemacetan, hadirnya fly over ini merupakan upaya Pemprov Jabar dalam menyambut kebangkitan ekonomi pasacapandemi Covid-19.

“Ini merupakan hari bersejarah, di mana kita siap menyambut kebangkitan ekonomi pasca pandemi. Geliat masyarakat untuk beraktivitas sudah kembali normal, dan pemerintah berupaya menghadirkan solusi,” ujarnya.

Baca Juga: Mengenal Git Sigit Santoso, Pesepak Bola yang Berkarya lewat Musik

Ia menyebut, selain peningkatan infrastruktur jalan, akselerasi juga siap dilakukan di bidang transportasi publik.

Tujuannya, agar pergerakan masyarakat yang kini beraktivitas di luar rumah tidak menghasilkan masalah baru, yakni kemacetan.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan optimis hadirnya Fly Over Kopo bisa menjadi solusi mengurai kemacetan di kawasan Cibaduyut - Kopo - Leuwipanjang - Soekarno Hatta.

“Pada umumnya, masyarakat mengapresiasi hadirnya Fly Over Kopo,” ujar Tedy setelah acara Fungsionalisasi Fly Over Kopo.

Berkaca pada proses uji laik fungsi yang dilakukan, Tedy optimis Fly Over Kopo dapat menjadi fasilitas yang bermanfaat bagi masyarakat Kota Bandung.

“Uji fungsinya pun dilakukan dengan beberapa proses. Kami optimis ya, Insya Allah,” ujar Tedy.

Ikon Baru Kota Bandung

Fly over yang membentang sepanjang 1,7 kilometer ini juga dihiasi lampu dan lukisan di samping badan trotoarnya. Dengan pendekatan estetis tersebut, fly over ini bisa disebut sebagai ikon baru buat Kota Bandung.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Bandung berharap pengendara yang melintasi fly over untuk sama-sama menjaga kebersihan, keindahan, serta keselamatan berkendara.

“Ini adalah kebanggaan bagi masyarakat Kota Bandung. Mari kita jaga sama-sama,” ujarnya.

Baca Juga: Hari Kesaktian Pancasila, Sekda Ajak Pemuda Seimbangkan IQ, EQ, dan SQ

Lebih rinci, ia mengingatkan para pengendara agar tidak berhenti di sepanjang fly over. Selanjutnya memperhatikan kecepatan laju kendaraan saat melintasi fly over. 

“Kecepatan yang direkomendasikan tidak lebih dari 50 kilometer. Jadi, sama-sama kita perhatikan ini,” pesannya.

Sebelum difungsikan, Fly Over Kopo telah menjalani Uji Fungsi kelaikan pada Rabu 21 September 2022 pukul 24.00 WIB atau Kamis 22 September 2022 pukul 00.00 WIB. ***

Editor : Marshal Deru Bumi

Hari Batik Nasional, Batik Raksasa 450 Meter Membentang di Kota Bandung

Jajal Olahraga Menembak, Ridwan Kamil Tuntaskan Bidikan dengan Sempurna