bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Bertemu Teman Baik
Jajang Sulaeman, penjaga barang milik pengunjung Masjid Pusdai.

Berbagi Cerita dengan Jajang, Penjaga Alas Kaki di Masjid Pusdai

 

BERITABAIK.ID - Namanya Jajang Sulaeman. Di tengah keterbatasan fisik yang dimilikinya, pria yang akrab disapa Jajang ini tak kenal lelah mengais rejeki.

Jajang terlahir dengan tangan dan kaki yang tidak sempurna. Namun, hal itu tak menyurutkannya untuk berjuang menafkahi keluarga kecilnya.

Profesinya adalah penjaga sandal dan sepatu di Masjid Pusdai Jawa Barat, di Bandung. Tak jarang, ia juga merangkap juru parkir di Halaman Masjid Pusdai saat gedung tersebut dijadikan tempat pernikahan.

Luar biasanya lagi, Jajang yang tinggal di Limbangan, Kabupaten Garut, setiap hari bolak-balik ke Kota Bandung untuk mengais rejeki.

"Alhamdulillah, ada yang percaya sama saya, disyukuri aja lah. Setiap Jumat, dari hasil menitipkan barang-barang tersebut, paling besar 50 ribu rupiah, kalau paling besar paling 70 ribu rupiah," ujar Jajang, saat ditemui Beritabaik.id, Jumat (30/9/2022).

Setiap Jumat siang sekitar pukul 11.00 WIB, Jajang mulai bertugas menjaga sendal, sepatu, tas dan helm di Masjid Pusdai.

Baca Juga: Ada Jus dan Kopi, Hindari 5 Minuman Ini saat Cuaca Panas

Dengan menggunakan satu tongkat, Jajang mulai merapihkan sendal, sepatu, helm yang ada lantai.

Ia pun mengaku sampai punya pelanggan tetap setiap Jumat. Ya, ada beberapa orang yang secara khusus menitipkan tas dan sepatunya kepada Jajang.

Alasan Jajang tetap menjalankan profesi ini sederhana: ingin pengunjung Masjid Pusdai merasa nyaman saat beribadah.

 

Ujian Kejujuran

Suatu hari sebelum pandemi Covid-19, kejujuran pria 39 tahun ini diuji. Seorang yang menitipkan tas kepadanya saat salat Jumat tak kunjung mengambil tas tersebut.

Jajang pun menunggu sampai waktu asar dan maghrib tiba. Karena tas tersebut tak kunjung diambil, ia berkonsultasi dengan pemilik loker yang ada di Masjid Pusdai.

"Saya sudah menunggu sampai Maghrib dia (pemilik) tas itu nggak datang-datang, kenapa ya? Akhirnya saya mengambil tas tersebut sampai ke rumah," ucapnya.

Alhasil, Jajang membawa pulang tas tersebut ke rumah dengan tujuan untuk diamankan sementara.

Baca Juga: 3 Pemuda Berbahaya Rilis Single 'Bandar Minyak Tanah'

Betapa kagetnya ia ketika membuka isi tas tersebut di dalamnya terdapat uang sekitar Rp90 juta.

"Saya nggak akan ambil uang tersebut sepeserpun, kasihan dia si pemilik tasnya itu. Pada akhirnya, saya pun mengembalikan tas tersebut setalah tiga kali Jumatan,” tegasnya.

Setelah tiga kali momen salat Jumat berlalu, seperti kata Jajang. Sang pemilik tas menghampiri Jajang dan menanyakan keberadaan tasnya.

Sontak, bapak tiga anak ini mengembalikan tas tersebut dengan jumlah uang yang utuh. Walau tak berharap, namun dasar rejeki, ia diberi hadiah oleh sang pemilik tas.

“Saya diuji oleh pemilik tas tersebut. Akhirnya, saya dikasih uang sebesar 4 juta rupiah oleh pemilik tas tersebut," kenangnya.

Pekerja Keras

Penghasilan Jajang bekerja sebagai penjaga barang di Masjid Pusdai didistribusikan ke keluarga kecilnya. Jajang adalah bapak dari tiga orang anak. Seluruh keluarganya tinggal di Limbangan.

Selain menjadi penjaga barang, ia juga menjajal peruntungan dengan menjadi juru parkir, atau terkadang menjadi seorang pengamen.

Apapun dilakukan Jajang, selama halal dan rejekinya bisa ia bawa pulang untuk keluarga.

"Kalau ada event, paling saya memarkir. Kalau tidak ada event nikahan, kadang saya suka ngamen di Masjid Pusdai dan ngamen di Punclut," ucap Jajang.

Di usianya yang relatif tak muda lagi, Jajang mengaku sempat terbersit rasa lelah harus menempuh perjalanan dari Limbangan Garut ke Kota Bandung.

Ia berharap, dirinya bisa punya kios di Limbangan, dan memulai usaha di kampung halamannya bersama keluarga. Dengan begitu, mungkin Jajang akan lebih fokus berada di samping istri dan anak-anaknya.

“Mudah-mudahan saya bisa punya kios di rumah saya,” pungkas Jajang. ***

 

Editor : Okky Adiana

Kapan Waktu Terbaik Tidur Malam? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Mana Jenis Olahraga yang Sesuai dengan Karakter Kamu?