• Rabu, 30 November 2022

Tridiku Argonaut, Mesin Cetak 3D Serba Bisa Buatan Anak Bangsa

- Senin, 3 Oktober 2022 | 10:45 WIB
Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menciptakan Tridiku Argonaut. (Dok. Humas ITS)
Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menciptakan Tridiku Argonaut. (Dok. Humas ITS)

 

BERITABAIK.ID - Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menciptakan Tridiku Argonaut, 3D printer yang mampu memenuhi kebutuhan pencetakan dalam lingkup hobi hingga industri dengan kecepatan tinggi.

Mengusung konsep “Everyone Can Make Anything”, Tridiku Argonaut memiliki beberapa kelebihan. Melalui komponen yang telah teruji, mesinnya mampu mencetak objek selama 500 jam tanpa pemeliharaan.

Selain itu, karya empat mahasiswa ITS ini mampu mencetak produk dari berbagai material. Seperti PLA, Nilon, PETG, bahkan PP dengan tingkat keberhasilan cetak mencapai 100 persen.

Manager Tridiku, Taufiq Ramadhan mengatakan, Tridiku Argonaut sebagai 3D printer diharapkan dapat menjadi penyokong berbagai kebutuhan di industri kreatif dan teknik. Mulai dari pencetakan kemasan minuman ringan dan parfum, perhiasan, seni kriya, hingga produk otomotif.

Baca Juga: Yuk, Kenali Penyebab Radang Tenggorokan yang Sering Tak Disadari

“Tridiku juga menargetkan agar produk ini dapat menunjang proses pembelajaran di institusi pendidikan,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Rama ini.

Bersama rekan lainnya dari Departemen Teknik Material dan Metalurgi: Aprilio Mori Syamra, Delta Kuncahyo Afif, dan Rafi Fadhlurrohman, saat ini Rama telah membuktikan eksistensi Tridiku dan meraih berbagai penghargaan. 

Termasuk pendanaan pada Program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) yang diadakan oleh Kemendikbudristek RI.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Artikel Terkait

Terkini

Simpelman Hadir Permudah Layanan Pemakaman Kota Bandung

Selasa, 29 November 2022 | 18:35 WIB

Ridwan Kamil Hibur Anak-anak Terdampak Gempa Cianjur

Minggu, 27 November 2022 | 16:18 WIB
X