• Rabu, 30 November 2022

Mahasiswa UGM Manfaatkan Hama Ngengat Lilin untuk Mengurai Sampah Plastik

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:00 WIB
Pemanfaatan hama ngengat lilin menjadi pengurai sampah plastik di Dusun Banaran I, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. (Dok. Universitas Gadjah Mada)
Pemanfaatan hama ngengat lilin menjadi pengurai sampah plastik di Dusun Banaran I, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. (Dok. Universitas Gadjah Mada)

 

BERITABAIK.ID - Sampah plastik menjadi persoalan yang tak kunjung usai bagi lingkungan. Sementara itu, pertambahan produksi tidak sebanding dengan upaya pengelolaan dari sampah plastik.

Berangkat dari keprihatinan akan tingginya sampah plastik di lingkungan, sejumlah mahasiswa UGM yang tergabung dalam Tim Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) mencari solusi untuk mengatasi persoalan itu.

Mereka memanfaatkan hama ngengat lilin (Galleria mellonella) pada lebah untuk dijadikan agen pendegradasi plastik terutama jenis polietilen yang sangat sulit terurai di tanah.

Tim ini beranggotakan lima mahasiswa: Vegi Sylvia Wardhani (Fakultas Peternakan), Iqbal Wahdan Salsabil (Fakultas Peternakan), Febrianto Al-Husein (Fakultas MIPA), Fiana Eka Aprilia, dan Vincentius Andri Kiranu Pasquale (Fakultas Kehutanan).

Dalam melaksanakan program tersebut, mereka menggandeng ibu-ibu anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dusun Banaran I, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Dareah Istimewa Yogyakarta.

Vegi mengatakan program pemberdayaan masyarakat tersebut dilakukan di daerah tersebut karena melihat tingginya potensi sampah plastik yang dihasilkan.

Baca Juga: Serunya Pelajar SDN 164 Karangpawulang Belajar Membatik

Dari 715 penduduk pada Dusun Banaran I, potensi sampah plastik yang dihasilkan sebanyak  169,92 kg/hari. Namun, dari jumlah tersebut, hanya sekitar 10% dari total sampah rumah tangga yang dapat diangkut setiap minggunya ke TPS terdekat yang berjarak 8 KM dari dusun Banaran I.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simpelman Hadir Permudah Layanan Pemakaman Kota Bandung

Selasa, 29 November 2022 | 18:35 WIB

Ridwan Kamil Hibur Anak-anak Terdampak Gempa Cianjur

Minggu, 27 November 2022 | 16:18 WIB
X