• Rabu, 30 November 2022

Menilik Pesan Moral dalam Seni Teater Khas Betawi Lenong

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 10:42 WIB
Lenong, kesenian khas Betawi yang sarat pesan moral. (Foto: goodnewsfromindonesia.id)
Lenong, kesenian khas Betawi yang sarat pesan moral. (Foto: goodnewsfromindonesia.id)

BERITABAIK.ID - Lenong identik dengan kesenian khas Betawi. Biasanya ditampilkan dalam berbagai acara hajatan dan perayaan-perayaan lainnya.

Dilansir dari koropak.co.id, kesenian lenong mengandung cerita tentang kehidupan sehari-hari masyarakat yang dipadukan dengan unsur komedi.

Menariknya lagi, pertunjukan lenong ini biasa dilakukan secara cair. Antara pemain dan penonton bisa saling berinteraksi untuk memengaruhi cerita dalam pertunjukannya.

Dalam pertunjukannya, kesenian tradisional ini biasanya diiringi musik gambang, kromong, gong, kendang, kempor, suling, kecrek, serta alat musik dengan unsur Tionghoa, seperti tehyan, kongahyan, dan sukong.

Untuk lakon atau ceritanya, pada umumnya mengandung pesan moral, yaitu menolong yang lemah, membenci kerakusan dan perbuatan tercela.

Baca Juga: Agar Tenang Selama Berlibur, Kenalan dengan Asuransi Perjalanan Yuk!

Meski eksistensi teater tradisional satu ini kian hari semakin memudar, sampai dengan saat ini, lenong dianggap sebagai salah satu sandiwara komedi yang paling populer di lanskap kebudayaan Betawi.

Diceritakan, lenong mulai berkembang sejak akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20.

Kesenian teatrikal ini merupakan adaptasi masyarakat Betawi dari kesenian serupa seperti "komedi bangsawan" dan "teater stambul" yang sudah ada saat itu.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simpelman Hadir Permudah Layanan Pemakaman Kota Bandung

Selasa, 29 November 2022 | 18:35 WIB

Ridwan Kamil Hibur Anak-anak Terdampak Gempa Cianjur

Minggu, 27 November 2022 | 16:18 WIB
X