• Jumat, 20 Mei 2022

Mengenal Sekolah Kader Konservasi Masigit Kareumbi bersama Rizki Dian Ramadhani

- Senin, 4 April 2022 | 13:20 WIB
 (dok. Ilustrasi Unsplash/Jeevan Katel)
(dok. Ilustrasi Unsplash/Jeevan Katel)

TemanBaik apakah kamu pernah mendengar tentang Sekolah Kader Konservasi atau kamu pernah tergabung dalam kegiatan yang diadakan oleh mereka?

Buat kamu yang penasaran dengan Sekolah Kader Konservasi, kita akan cari tahu dari cerita salah satu pengurus Sekolah Kader Konservasi, yakni Rizki Dian Ramadhani.

Rizki adalah salah satu dari beberapa pengurus Sekolah Kader Konservasi Masigit Kareumbi (SKKMK) 2022 di bidang kesiswaan.

Kepada beritabaik Kang Rizki bercerita, sekolah kader konservasi ini sudah berdiri sejak lama, namun pada tahun 2019 sekolah ini diambil alih oleh Wanadri.

"Pada tahun 2019 sekolah konservasi ini diurusi sepenuhnya oleh Wanadri. Hingga pada tahun 2022 tim Wanadri bekerja sama dengan BBKSDA Jawa Barat untuk melaksanakan kegiatan dari Sekolah Konservasi Masigit Kareumbi ini," ujar Rizki kepada beritabaik.

(dok. Pribadi/ Rizki Dian Ramadani)

Sekolah Kader Konservasi Masigit Kareumbi (SKKMK) adalah ajang belajar bersama untuk mengenal lebih jauh apa itu konservasi dan bagaimana implementasinya.

SKMK merupakan sebuah model diklat konservasi yang dikembangkan dari basis kurikulum pendidikan kader konservasi alam (KKA) sesuai pedoman pembentukan kader yang telah digariskan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Baca Juga: Cerita Putri Selita Firdaus, Cintanya pada Alam dan Hingga Menerbitkan Karya Buku

TemanBaik sebelumnya sekolah kader konservasi ini mengusung "penyebaran virus baik" bagi siswa/siswi yang mengikuti seluruh kegiatan dari sekolah ini.

Dengan adanya konsep "virus baik" ini diharapkan peserta dapat melakukan konservasi di daerahnya masing-masing yang sekaligus menjadi goals dari sekolah kader konservasi.

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X