• Jumat, 9 Desember 2022

Ngobrol dengan Firman, Petugas Gober Muda yang Penuh Semangat

- Selasa, 27 September 2022 | 20:10 WIB
Firman Saepuloh, petugas Gober di Kota Bandung. (Okky Adiana)
Firman Saepuloh, petugas Gober di Kota Bandung. (Okky Adiana)


BERITABAIK.ID
- Kenalin nih, namanya Firman Saepuloh. Sehari-hari, ia berprofesi sebagai petugas Gober (kebersihan gorong-gorong) di Keluahan Cihaurgeulis, Kota Bandung.

Buat kamu yang belum tahu, Petugas Gober adalah petugas kebersihan di saluran air (gorong-gorong) yang ada di setiap Kelurahan di Kota Bandung.

Saat ini ada 18 Petugas Gober yang ada di Keluahan Cihaurgeulis, Kota Bandung ini. Mereka setiap harinya membersihkan got di wilayah-wilayah Pusdai Jawa Barat, Jalan Katamso, Pahlawan serta Sentot Alibasyah.

Firman adalah salah satunya. Sudah lima tahun, ia menjalankan profesi sebagai Petugas Gober.

Saat ngobrol dengan kami, pria berusia 30 tahun ini mengaku senang menjalani rutinitasnya. Tak sekadar menggugurkan kewajiban saja, namun ia punya motivasi untuk membersihkan gorong-gorong dari tumpukan sampah yang bisa menyebabkan terjadinya banjir.

"Ya, maksimal sih paling lima karung sampah yang kita angkut di dua tempat wilayah tersebut. Kita buangnya ke TPS," ujar Firman kepada Beritabaik.id, saat bertemu di wilayah Pusdai Jawa Barat, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga: Keren! Ibu-ibu Kota Bandung Sulap Pakaian Bekas Jadi Kebaya Baru

Menurut Firman, kesadaran masyarakat khususnya di Kota Bandung untuk membuang sampah ke tempatnya masih perlu ditingkatkan. Padahal kata dia, kebersihan itu sebagian dari iman.

"Intinya, jangan sampai malas membuang sampah ke tempatnya, jangan sampai buang sampah sembarangan,” ucapnya.

Lima tahun menjalankan profesi ini, Firman mengaku senang dan sangat menikmati profesinya saat ini.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X