• Selasa, 27 September 2022

Yuk, Kenalan dengan Agus, Pahlawan Kebersihan dari Maleer Bandung

- Selasa, 12 Juli 2022 | 07:27 WIB
Agus Iin setiap hari menghabiskan waktu di Tempat Pembuangan Sampah 3R (TPS-3R) Kelurahan Maleer. (Marshal Deru Bumi/Beritabaik.id)
Agus Iin setiap hari menghabiskan waktu di Tempat Pembuangan Sampah 3R (TPS-3R) Kelurahan Maleer. (Marshal Deru Bumi/Beritabaik.id)

BERITABAIK.ID - Kenalin nih, namanya Agus Iin. Di usianya yang sudah tak lagi muda, ia masih bisa menginspirasi kita untuk menjaga lingkungan.

Tinggal di RW 12 Kelurahan Maleer Kota Bandung, Agus, sapaan akrabnya, saban hari menghabiskan waktu di Tempat Pembuangan Sampah 3R (TPS-3R) Kelurahan Maleer.

Mimpinya sederhana, tapi luar biasa: ingin wilayah yang ia tinggali bebas sampah.

Setiap dua hari sekali, Agus yang juga menjadi pekerja harian di Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung menjemput sampah-sampah ke rumah warga.

Kerennya lagi, warga Kelurahan Maleer sudah menerapkan program Kang Pisman, atau kurangi pisahkan manfaatkan, dalam rangka mengurangi kiriman sampah dari Kota Bandung.

Agus mulai fokus menjadi petugas kebersihan sejak 2019. Sebelumnya, ia bekerja sebagai pekerja bangunan yang dibayar harian.

Baca Juga: Waspada Info Lowongan Kerja Abal-abal di Jawa Barat

“Saya mah cuman kepengin liat rumah saya, dan sekitarnya bersih. Jadi ya, senang aja gitu,” kata Agus, Senin (11/7/2022). 

TPS-3R di Kelurahan Maleer diresmikan pada 2019. Namun pada saat diresmikan, mereka tak memiliki petugas sampah. Dari sanalah, Agus kemudian berinisiatif mengisi kekosongan tersebut.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X