bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Bertemu Teman Baik
Firman Maulana Kurniawan, salah satu siswa berprestasi di SMAN 3 Bandung.

Mengenal Firman Maulana, Siswa Berprestasi di SMAN 3 Bandung

BERITABAIK.ID - Namanya Firman Maulana Kurniawan. Dia adalah salah satu siswa berprestasi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Bandung.

Tahun 2020 lalu, Firman pernah meraih Juara 1 Karate Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Nasional. 

Siswa yang hobi bermain futsal sejak sekolah dasar (SD) itu pun kini mengikuti ekstrakurikuler karate. Bagi Firman, karate sudah menjadi bagian hidupnya.

"Karena aku dari kecil (SD), suka main berantem-beranteman sama kakakku dan aku selalu nangis, aku coba tuh ikutan (karate) dan sampai sekarang karate jadi sebagian hidupku," ujar siswa kelas XII ini, kepada Beritabaik.id, Selasa (6/9/2022).

Ya, awalnya Firman hanya mengikuti karate sekadar hobi. Namun, pelatih pernah bilang, Firman memiliki potensi besar dan bisa dikembangkan dengan baik.

Baca Juga: Harga BBM Naik, 7 Tips Ini Bisa Bikin Motor Matic Hemat Bensin

Atas dasar itulah, dia berlatih terus dan menekuni olahraga karate.

"Ya, Alhamdulillah saya tekuni dengan baik, mudah-mudahan ke depannya, bisa lebih baik lagi," ucap Firman.

Meski menggeluti dunia karate, Firman tak melupakan sekolah. Caranya, dia pun mengurangi waktu bermain dengan teman-teman sebayanya.

"Itu jadi salah satu pengorbanan juga ya, dan memang ibuku bilang kalau mau jadi orang sukses harus banyak pengorbanan yang dilakukan," kata Firman.

"Tujuan dari semua yang aku lakuin ini ya buat bikin bangga orangtua, aku mau membalas jasa orangtua dengan prestasi yang aku raih," papar Firman.

Baca Juga: 5 Gejala Cybersickness akibat Paparan Layar Gadget, Perhatikan Nomor 4

Firman memiliki prinsip: 'hiduplah seperti sang juara'. Maka, dia pun menjalani pola hidup seimbang. Caranya, mengurangi main serta memperbanyak latihan dan belajar.

"Itu kata pelatih aku sih. Kalau kendala yang agak berat itu di biaya sih, meski aku ada di keluarga yang cukup, aku nggak bisa minta apapun seenaknya," kata Firman.

Dia pun harus menabung untuk membeli perlengkapan latihan, serta suplemen.

"Jadi orangtuaku nggak terlalu berat buat ngebiayain aku juga," ucapnya.

Selain karate, prestasi yang diraih oleh Firman, Olimpide Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) semasa duduk di bangku Sekolah Menegah Pertama.

Dia meraih juara 2 se-Bandung Raya dengan persiapan seadanya, karena harus membagi waktu dengan latihan karate.

Baca Juga: Hati-hati, 4 Minuman Ini Bisa Picu Risiko Peradangan

"Ya, Alhamdulillah banget lah. Terus aku juga aktif di kegiatan Pramuka waktu SMP, aku sering ikut lomba-lomba Pramuka dan pernah jadi juara 1 di bidang semaphore tingkat Bandung Raya, ikut baksos dan lainnya," imbuhnya.

Sebagai siswa yang masih duduk di kelas XII, Firman berharap, bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dia juga memiliki target Pekan Olahraga Nasional (PON) dan bisa masuk Pelatnas karate, juara Sea Games, juara ASEAN Games, dan kejuaraan dunia lainnya.

"Yang penting bisa membawa bendera Indonesia ada di podium tertinggi. Aku juga berharap dengan hasil karate ini aku bisa berangkat ke Tanah Suci bersama keluargaku," imbuh Firman.

Dia berpesan, jika ingin meraih prestasi, harus memiliki tujuan dan fokus, serta bisa membagi waktu.

"Kalau kita udah punya tujuan, kita juga tahu harus dilakukan, bisa harus tahu kapan kita harus belajar, harus istirahat, harus latihan, intinya seperti itu sih harus memiliki target," tambahnya. ***

 

Editor : Okky Adiana

Kisah Guru Elis, Mengajar Anak-anak Cukup Dibayar Rp2.000

Harga BBM Naik, 7 Tips Ini Bisa Bikin Motor Matic Hemat Bensin