• Selasa, 27 September 2022

In-SWALST, Tongkat Pintar Ramah Lansia dan Tunanetra Buatan Mahasiswa UGM

- Jumat, 23 September 2022 | 07:00 WIB
In-SWALST, Tongkat Pintar Ramah Lansia dan Tunanetra Buatan Mahasiswa UGM. (Dok. Universitas Gadjah Mada)
In-SWALST, Tongkat Pintar Ramah Lansia dan Tunanetra Buatan Mahasiswa UGM. (Dok. Universitas Gadjah Mada)

 

BERITABAIK.ID - Mahasiswa UGM kembali membuat inovasi. Kali ini, mereka membuat tongkat pintar multifungsi untuk deteksi kesehatan dan proteksi bagi lansia dan penyandang tunanetra.

Tongkat yang diberi nama In-SWALST (IoT Based Smart Walking Stick for Real Time Health Monitoring) ini dikembangkan oleh Kristian Bima Aryayudha (Elektronika dan Instrumentasi), Kenniskiu Fortino Kurniawan (Ilmu Komputer), Abdul Adzim Iftikar Mardiansjah (Teknik Mesin), Johana Gracia (Kedokteran), Yovanti Trifa Mivea (Elektronika dan Instrumentasi), Elmara Nugra Ristia (Kehutanan), Fatma Tiara Mahfudiani (Kehutanan), dan Adnindya Jeehan Azzara (Kehutanan).

Beberapa fitur penting dalam tongkat ini, antara lain sensor pendeteksi kesehatan berupa saturasi oksigen, detak jantung, dan suhu tubuh yang terhubung langsung ke website In-SWALST secara real time. 

Dalam sesi jumpa pers, Kristian Bima Aryayudha menyampaikan pengembangan tongkat pintar ini bermula dari keinginan tim untuk menciptakan suatu alat sederhana dengan banyak fungsi yang menguntungkan bagi penggunanya, yakni lansia dan tunanetra.

“Melalui tongkat ini, monitoring kesehatan dapat dilakukan dengan sangat mudah dan praktis,” terang mahasiswa yang akrab disapa Arya ini.

Baca Juga: Teddy Adhitya Sampaikan Cinta Seluas Samudera untuk Pendengar lewat EP 'Ocean'

Tongkat jalan ini juga memiliki banyak fungsi proteksi untuk memberikan keamanan lebih bagi para lansia dan tunanetra.

Tongkat In-SWALST akan bergetar saat terdapat objek di depan pengguna yang berjarak sekitar 75 cm. Dengan fitur tersebut dapat menurunkan risiko jatuh karena menabrak objek bagi para lansia dan tuna netra.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tukar Sampah Jadi Berkah di Acara Great Bandung

Sabtu, 24 September 2022 | 17:20 WIB

Boseh Bike Kini Hadir di Kawasan Summarecon Bandung

Jumat, 23 September 2022 | 12:15 WIB

Ridwan Kamil Bantu Keluarga Yatim di Kota Bekasi

Rabu, 21 September 2022 | 06:00 WIB
X