• Jumat, 9 Desember 2022

Dosen Unpad Gagas Terapi Fobia dengan Metode Perangkat VR

- Kamis, 3 November 2022 | 18:15 WIB
Aulia Iskandarsyah, Dosen Unpad yang menggagas alat terapi fobia dengan metode perangkat virtual reality. (Dok. Humas Unpad/Kanal Media Unpad)
Aulia Iskandarsyah, Dosen Unpad yang menggagas alat terapi fobia dengan metode perangkat virtual reality. (Dok. Humas Unpad/Kanal Media Unpad)

 

BERITABAIK.ID - TemanBaik, kamu memiliki fobia terhadap sesuatu baik itu ketinggian atau hewan? Universitas Padjadjaran punya inovasi baru untuk melakukan terapi pada fobia lewat bantuan virtual reality (VR).

Perangkat Virtual Reality (VR) berbasis Virtual Reality Exposure Therapy untuk terapi rasa takut dan fobia ini dikembangkan oleh Dosen Departemen Psikologi Klinis Fakutas Psikologi Universitas Padjadjaran Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., PhD.

Teknologi  VR memiliki keunggulan potensial dalam melakukan terapi untuk mengatasi rasa takut dan fobia.

“Pertama, penggunaannya mudah. Seseorang bisa mengundang sesuatu atau lingkungan yang dia takuti tanpa harus ke dunia nyatanya,” ungkap Aulia dalam laman resmi Unpad.

Baca Juga: Mantap! Ada Sikruit RC Baru di Antapani Kidul Bandung

Aulia mencontohkan, seseorang yang takut terbang melalui perangkat VR akan dihadirkan lingkungan virtual seolah-olah ia sedang berada di bandara atau pesawat terbang. Hal ini menjadi esensi dari penggunaan teknologi VR sebenarnya, yaitu menghadirkan realitas ke dalam dunia virtual, bukan sebaliknya.

Keunggulannya lainnya adalah efektivitas biaya karena prosedur intervensi oleh Psikolog tidak perlu dilakukan dalam ruangan khusus. Selain itu, perangkat ini mampu memberikan kepercayaan bahwa pasien/klien sendiri yang memiliki kemampuan untuk mempelajari ulang sesuatu dan mengatasi ketakutan yang dimilikinya.

“Handling-nya ada dalam diri dia (pasien),” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMART, Inovasi Pelacak Energi Surya Buatan Mahasiswa UI

Selasa, 29 November 2022 | 12:00 WIB

Coba 5 Cara ini Agar Anak Tidak Kecanduan Gawai

Kamis, 10 November 2022 | 06:35 WIB
X