• Jumat, 9 Desember 2022

Mantap! Bus Listrik Merah Putih Jadi Kebanggaan Indonesia di KTT G20

- Selasa, 15 November 2022 | 12:15 WIB
Bus Listrik Merah Putih resmi diluncurkan dan menjadi kendaraan operasional KTT G20 di Denpasar, Bali. (Dok. Humas ITS)
Bus Listrik Merah Putih resmi diluncurkan dan menjadi kendaraan operasional KTT G20 di Denpasar, Bali. (Dok. Humas ITS)

BERITABAIK.ID - Bus Listrik Merah Putih resmi diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI Nadiem Anwar Makarim bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, beberapa waktu silam untuk operasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Denpasar.

Di balik peluncuran bus listrik buatan Indonesia pertama, ada nama putra-putri terbaik bangsa yang berasal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), dan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. 

Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian ITS Bambang Pramujati ST, M.Sc, Eng, PhD mengungkapkan, peran ITS di sini sebagai leading institution pada konsorsium perguruan tinggi.

“Konsorsium tersebut terdiri dari empat perguruan tinggi di antaranya ITS, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), dan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar,” terangnya pada laman web ITS.

Baca Juga: Nikmat dan Sehat, Ini Jajanan Pasar Rendah Kalori yang Wajib Kamu Coba

Lebih lanjut, tujuh dosen ITS juga dikirimkan sebagai peneliti pada bus listrik ini. Sebagai kampus yang terkenal akan kemahiran teknologinya, ITS sebagai leading institution turut memberi sumbangsih atas penelitian teknologinya. 

“Dosen yang terlibat dalam konsorsium tersebut memiliki latar belakang program studi yang berbeda, sehingga antarperguruan tinggi bisa saling melengkapi,” tutur Bambang.

Bukan hanya itu, pembuatan Bus Listrik Merah Putih ini turut melibatkan mahasiswa magang dari berbagai perguruan tinggi.

Baca Juga: Sukses Terapkan Pendidikan Vokasi, SMKN 4 Bogor Dilirik Sejumlah Industri Besar

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMART, Inovasi Pelacak Energi Surya Buatan Mahasiswa UI

Selasa, 29 November 2022 | 12:00 WIB

Coba 5 Cara ini Agar Anak Tidak Kecanduan Gawai

Kamis, 10 November 2022 | 06:35 WIB
X