• Rabu, 30 November 2022

Mengenal ATCS, Pengingat Ceriwis Di Balik Lampu Merah Kota Bandung

- Selasa, 22 November 2022 | 17:00 WIB
Area Traffic Control System (ATCS). Pengingat di balik kamera pengawas (CCTV) di lampu merah Kota Bandung yang mengingatkan pengendara untuk menjaga keselamatan. (Dok. Humas Kota Bandung)
Area Traffic Control System (ATCS). Pengingat di balik kamera pengawas (CCTV) di lampu merah Kota Bandung yang mengingatkan pengendara untuk menjaga keselamatan. (Dok. Humas Kota Bandung)

 

BERITABAIK.ID - TemanBaik, pernah kena tegur atau pernah melihat video seorang pengendara kena tegur melalui kamera pengawas (CCTV) lampu merah?

Salah satu layanan unggul yang dimiliki Kota Bandung ini dikenal dengan nama Area Traffic Control System (ATCS). Kerap menyisipkan candaan, ATCS memiliki daya tarik tersendiri dalam menyampaikan imbauan dan sosialisasi terkait tertib lalu lintas.

Melalui siaran pers Humas Kota Bandung, Koordinator Operator ATCS, Yance Arvian menjelaskan, ATCS mengelola lebih dari 200 CCTV.

"Jumlah CCTV yang aktif ada 155, sedangkan non aktif dan masih dalam perbaikan ada 138 CCTV. Jadi, totalnya kami mengelola 293 CCTV di ruas persimpangan besar Kota Bandung," ungkap Yance.

Baca Juga: Hebat, Lulusan SMKN 2 Kota Tasikmalaya Banyak yang Kerja di Luar Negeri

Sebanyak 17 petugas yang terbagi dalam tiga jadwal kerja (shift) dikerahkan untuk memantau CCTV lalu lintas di Kota Bandung.

"Pelayanan ATCS melihat bagaimana kelancaran tertib lalu lintas dan situasi kondisi lalin pada saat itu melalui CCTV. Kita juga memberikan imbauan tertib berlalu lintas bagi masyarakat apabila ada suatu hal kejadian di persimpangan," jelasnya.

Untuk memantau dan memastikan keamanan lalu lintas, ATCS berkolaborasi dengan jajaran Polrestabes Bandung, PMI, dan Dinas Kebakaran. Bahkan, melalui CCTV, ATCS bersama polisi berhasil meringkus pelaku pembegalan di beberapa titik.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMART, Inovasi Pelacak Energi Surya Buatan Mahasiswa UI

Selasa, 29 November 2022 | 12:00 WIB

Coba 5 Cara ini Agar Anak Tidak Kecanduan Gawai

Kamis, 10 November 2022 | 06:35 WIB

Hi-Pot, Solusi Bertani Canggih di Lahan yang Sempit

Minggu, 23 Oktober 2022 | 11:20 WIB
X