Pemkot Bandung Usul Green Infrastructure Pembangunan Fly Over Nurtanio

- Jumat, 25 November 2022 | 21:15 WIB
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna dalam Audiensi Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta - Jawa Barat. (Dok. Prokompim Kota Bandung)
Sekda Kota Bandung Ema Sumarna dalam Audiensi Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta - Jawa Barat. (Dok. Prokompim Kota Bandung)

 

BERITABAIK.ID - Rencana pembangunan Fly Over Nurtanio yang membentang dari Jalan Nurtanio hingga Jalan Abdurahman Saleh Kota Bandung sepanjang 550 meter akan digarap Agustus 2023. Pembangunan ditargetkan selesai pada April 2024.

Program ini merupakan program dari pemerintah pusat yang dilaksanakan di Kota Bandung untuk mendukung kereta cepat Jakarta-Bandung sebagai bentuk konektivitas.

Terkait hal ini, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menyampaikan, fly over ini menjadi salah satu alternatif pemecah kemacetan di Jalan Nurtanio. 

"Aspek waktu sudah jelas terukur. Satu lagi fly over akan hadir untuk memecah kemacetan yang ada. Ini sudah lama dimimpikan oleh Kota Bandung," ujar Ema saat berdiskusi bersama pihak Kementerian PUPR, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga: Kerahkan 30 Ribu Orang, Pemprov Jabar Dirikan 15 Posko Gempa Cianjur

Namun, ia menekankan agar pembangunan difokuskan pada green infrastucture. Sehingga perlu ada pembenahan drainase dan penghijauan kembali bagi pohon-pohon yang terkena dampak.

"Drainase juga harus diperbaiki. Tadi dari Bappelitbang menyampaikan, tolong dibantu penataan koridor di bawahnya untuk penghijauan. Konsepnya harus infrastuktur hijau," ungkapnya.

Dasar surat resmi dari pemerintah pusat melalui Satker ke Pemkot Bandung masih diproses sebagai syarat penentuan lokasi (penlok). Sebab tak dipungkiri jika memang dalam proses pembebasan lahan masyarakat jangan sampai dirugikan.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X