• Jumat, 9 Desember 2022

Inovasi Mobil Hemat Energi Tim Semar UGM Kembali Ukir Prestasi

- Jumat, 11 November 2022 | 14:25 WIB
Tim Semar UGM yang baru saja meraih prestasi. Mereka berhasil memperoleh predikat Juara 3 Urban Concept MPD Gasoline  dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2022. (Dok. Universitas Gadjah Mada)
Tim Semar UGM yang baru saja meraih prestasi. Mereka berhasil memperoleh predikat Juara 3 Urban Concept MPD Gasoline dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2022. (Dok. Universitas Gadjah Mada)

 

BERITABAIK.ID - Tim Semar UGM kembali menorehkan prestasi melalui Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2022. Mereka berhasil memperoleh predikat Juara 3 Urban Concept MPD Gasoline.

Dani Wahyudi, salah satu anggota Tim Semar UGM yang sekaligus mengendarai mobil ini menjelaskan Kontes Mobil Hemat Energi kali ini diikuti oleh 40 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Mobil Tim Semar UGM untuk lomba kali ini menawarkan keunggulan berat yang ringan dengan keseluruhan body terbuat dari carbon fiber dengan sasis berbahan alumunium.

“Tak hanya itu, part pada mobil ini juga didesain se-efisien mungkin sehingga tak mengeherankan apabila Tim SEMAR mendapatkan penghargaan mobil dengan berat teringan dalam kategori internal combustion engine pada Kontes Mobil Hemat Energi 2022 sekaligus Shell Eco-marathon Asia 2022 pada bulan sebelumnya," kata Wahyudi.

Baca Juga: Kota Bandung Targetkan Juara Umum di Peparda 2022

Sementara itu Dr. Ir. Jayan Sentanuhady, S.T., M.Eng., IPU., ASEAN Eng. selaku dosen pembina Tim Semar UGM merasa bangga dan bersyukur atas banyaknya dukungan dari berbagai pihak dalam mengikuti lomba kali ini. Dengan dukungan yang diberikan UGM maupun pihak-pihak luar UGM, Tim Semar UGM mampu menorehkan prestasi yang baik pada kompetisi kali ini.

Ia menyampaikan kemenangan Tim Semar kali ini merupakan kemenangan kedua, setelah sebelumnya mereka berhasil menaklukan trek Sirkuit Mandalika melalui ajang Shell Eco Marathon 2022. Capaian prestasi ini tentunya merupakan hasil kerja keras para mahasiswa UGM untuk membanggakan almamaternya.

Mobil hemat energi karya Tim Semar UGM. (Dok. Universitas Gadjah Mada)

“Alhamdullilah untuk kejuaraan kali ini. Kedepan Tim Semar akan melakukan transisi jenis energi pada salah satu jenis mobil mereka yang sebelumnya menggunakan gasoline menjadi bahan bakar hydrogen. Karena riset dan inovasi selalu kami lakukan untuk Semar UGM agar terus semakin bersinar,” ungkap Jayan.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMART, Inovasi Pelacak Energi Surya Buatan Mahasiswa UI

Selasa, 29 November 2022 | 12:00 WIB

Coba 5 Cara ini Agar Anak Tidak Kecanduan Gawai

Kamis, 10 November 2022 | 06:35 WIB
X