SmartPond, Gagasan Mahasiswa UGM untuk Pantau Kualitas Air Kolam

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:00 WIB
SmartPond (S-POND), gagasan keren dari Mahasiswa UGM yang berguna bagi industri perikanan. (Dok. Universitas Gadjah Mada)
SmartPond (S-POND), gagasan keren dari Mahasiswa UGM yang berguna bagi industri perikanan. (Dok. Universitas Gadjah Mada)

 

BERITABAIK.ID - Ada inovasi menarik dari mahasiswa Sekolah Vokasi (SV) UGM. Mereka mengembangkan sebuah aplikasi untuk memonitor kualitas air kolam budi daya ikan dengan nama SmartPond atau S-POND.

Aplikasi tersebut dirancang untuk bisa mendeteksi perubahan PH, suhu kolam, suhu lingkungan, kelembaban, oksigen terlarut (DO), hingga kematian ikan.

Lahirnya S-POND dibidani lima mahasiswa SV UGM. Mereka adalah Bintang Ramadhan (Prodi Teknologi Veteriner), Saarah Khairunnisa (Teknologi Veteriner), Kaisa Fadhilah (Prodi Teknologi Veteriner), Rizky Nur (Prodi Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol) dan Latief Hasyim (Prodi Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol). Aplikasi dikembangkan melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UGM bidang Karsa Cipta di bawah bimbingan drh. Dela Ria Nesti M.Sc.

Baca Juga: Unjuk Gigi 80 Lukisan Batik Karya Siswa SMPN 7 Bandung

Bintang menjelaskan pengembangan aplikasi ini bermula dari keprihatinan mereka terhadap persoalan yang banyak dialami para petani atau pembudidaya ikan nila. Salah satu persoalan utamanya adalah terkait kematian ikan akibat perubahan kualitas air kolam. Kondisi itu mengakibatkan kerugian besar bagi petani ikan.

“Tindakan pencegahan berupa monitoring kondisi kolam dapat dilakukan petani ikan untuk mencegah kerugian akibat kematian massal ikan. Namun, monitoring pada umumnya dilakukan secara langsung melalui pengamatan di kolam atau menggunakan alat ukur yang dioperasikan secara manual,” bebernya dalam keterangan resmi Universitas Gadjah Mada.

Oleh sebab itu, kelima mahasiswa muda ini memutar otak untuk mengembangkan alat berbasis internet of things (IoT) dan management data system untuk mendeteksi dan memonitor kualitas air, kematian ikan secara berkala, dan mengetahui kondisi cuaca di sekitar kolam.

Baca Juga: 'Festival Ikan Milenial 2022', Ajak Masyarakat Jabar Tingkatkan Konsumsi Ikan

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Gryffindor ITS Sulap Bambu Jadi Bahan Bakar PLTU

Minggu, 25 Desember 2022 | 11:30 WIB

SMART, Inovasi Pelacak Energi Surya Buatan Mahasiswa UI

Selasa, 29 November 2022 | 12:00 WIB
X