Mengenal Wiwin Vegas, ‘Pionir’ Kendaraan Listrik dari Yogyakarta

- Sabtu, 14 Januari 2023 | 11:20 WIB
Wiwin Vegas dengan kendaraan listrik buatannya. Sejak 2010, ia mulai memproduksi sendiri kendaraan listrik. (Dokumentasi jogjakota.go.id)
Wiwin Vegas dengan kendaraan listrik buatannya. Sejak 2010, ia mulai memproduksi sendiri kendaraan listrik. (Dokumentasi jogjakota.go.id)

 

BERITABAIK.ID - Kenalin nih! Namanya Wiwin Vegas. Jauh sebelum mobil listrik populer, ia sudah membuatnya sendiri.

Wiwin adalah pemilik bengkel mobil ijo yang berada di perumahan Jatimulyo Baru blok J Nomor 9, Kricak, Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

Di bengkel sekaligus garasi rumahnya ini terparkir sebuah mobil dan motor dengan bentuk yang unik. Mobil yang terparkir hanya memiliki tiga roda, dengan tampilan klasik.

Meski dimensinya kecil, mobil listrik tersebut bisa melaju kencang dan senyap seperti pada kendaraan listrik umumnya. Mobil ini juga telah dilengkapi dengan speedometer, headlamp, lampu sen, dan stoplamp yang dapat dihidupkan ketika mesin menyala.

Pria 50 tahun ini memang tidak mengenyam dunia pendidikan khusus di bidang elektronika, justru ia merakit kendaraan listrik ini karena hobinya di dunia elektro.

"Saya lulusan STM jurusan teknik otomotif, untuk bidang elektro ini saya belajar sendiri, saya memang sejak remaja suka mengotak-ngatik barang elektronik dan tertarik dengan kelistrikan," katanya seperti dilansir dari keterangan resmi Pemerintah Kota Yogyakarta.

Wiwin bercerita dirinya sudah mulai membuat kendaraan bertenaga listrik ini sejak tahun 2010. Sejak tahun tersebut, puluhan unit kendaraan listrik telah tercipta melalui tangan saktinya ini.

Baca Juga: Akhir Pekan di Bogor, Jangan Sampai Lewatkan 4 Destinasi Ini!

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Gryffindor ITS Sulap Bambu Jadi Bahan Bakar PLTU

Minggu, 25 Desember 2022 | 11:30 WIB

SMART, Inovasi Pelacak Energi Surya Buatan Mahasiswa UI

Selasa, 29 November 2022 | 12:00 WIB
X