Tim Gryffindor ITS Sulap Bambu Jadi Bahan Bakar PLTU

- Minggu, 25 Desember 2022 | 11:30 WIB
Edwin Juanda Sirait, Mochammad Naufal Hakim, dan Muhammad Dzaky Kamal yang tergabung dalam tim Gryffindor dari Departemen Teknik Elektro ITS. (Dok. Humas ITS)
Edwin Juanda Sirait, Mochammad Naufal Hakim, dan Muhammad Dzaky Kamal yang tergabung dalam tim Gryffindor dari Departemen Teknik Elektro ITS. (Dok. Humas ITS)

 

BERITABAIK.ID - Tiga mahasiswa dari Departemen Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil memanfaatkan potensi tanaman bambu sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Mereka adalah Muhammad Dzaky Kamal, Edwin Juanda Sirait, dan Mochammad Naufal Hakim yang tergabung dalam tim Gryffindor. Dengan gagasan inovasi yang dituangkan dalam esai berjudul Potensi Tanaman Bambu sebagai Bahan Bakar Co-Firing dengan Teknologi Torefaksi menuju Indonesia Net Zero Emission 2060, limbah bambu yang banyak ditemukan di masyarakat diubah menjadi bahan bakar biomassa untuk PLTU.

Inovasi ini menggantikan peran batu bara yang dikenal sebagai bahan bakar PLTU. Selain itu, inovasi ini sejalan dengan upaya mendukung komitmen pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Net Zero Emission 2060.

 

Ketua Tim Gryffindor ITS Muhammad Dzaky Kamal mengungkapkan, diangkatnya inovasi tersebut berawal dari temuannya timnya, yakni bambu memiliki nilai kalor yang hampir sama dengan batu bara. Dengan temuan tersebut, tim Gryffindor memulai riset terkait penggunaan tanaman bambu sebagai bahan bakar Co-Firing pada PLTU.

Baca Juga: #LihatLebihDekat, Mencari Ilmu dengan Berbagi Ilmu ala Bu Mumu

Co-Firing itu sendiri merupakan suatu proses penambahan biomassa sebagai bahan bakar pengganti parsial atau bahan campuran batubara untuk PLTU. Melalui penambahan biomassa tersebut diharapkan dapat menjadi solusi akan adanya pemanfaatan energi baru terbarukan.

“Selanjutnya, kami mencoba untuk inovasikan biomassa lain yang berasal dari sampah atau limbah,” ungkap mahasiswa yang akrab disapa Dzaky dalam keterangan di laman resmi ITS.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Gryffindor ITS Sulap Bambu Jadi Bahan Bakar PLTU

Minggu, 25 Desember 2022 | 11:30 WIB

SMART, Inovasi Pelacak Energi Surya Buatan Mahasiswa UI

Selasa, 29 November 2022 | 12:00 WIB
X