• Rabu, 17 Agustus 2022

Yuk, Sayangi Bumi dengan Ikut #AksiBaik Patungan Besek!

- Jumat, 1 Juli 2022 | 10:31 WIB
 (Dokumentasi Patungan Besek)
(Dokumentasi Patungan Besek)

BERITABAIK.ID - Jelang Iduladha tahun ini, ada #AksiBaik dari beberapa komunitas. Bertajuk Patungan Besek, gerakan ini sudah memasuki tahun keempat. Simak dan ikutan yuk!

Patungan besek itu sendiri diinisiasi oleh Studio Dapur, Pahlawan Bencana, Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik dan Kraosan. Tujuannya untuk mewujudkan Iduladha tanpa Plastik.

Seperti diketahui, pada Hari Raya Iduladha, proses pembagian daging kurban tidak lepas dari penggunaan plastik sekali pakai dalam jumlah yang sangat banyak. Plastik-plastik ini sering kali berujung menjadi sampah yang menimbulkan masalah lingkungan.

Sebagai gambaran, satu ekor sapi membutuhkan 150 wadah kantong plastik dan satu ekor kambing membutuhkan 25 wadah kantong plastik.

Katakanlah jika 1 masjid menyembelih 5 ekor sapi dan 5 ekor kambing, dibutuhkan 875 wadah kantong plastik untuk membungkus hasil kurban.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tinjau Kelayakan Rumah Nenek Ami Setelah Direnovasi

Lalu, jika satu kota dianggap memiliki 5000 masjid, total wadah kantong plastik yang dibutuhkan mencapai 4.375.000. Terbayang kan berapa jumlah sampah plastik yang akan terbuang dalam 1 hari di tiap kota di seluruh Indonesia?

"Lewat gerakan ini kami ingin mengajakmu berdonasi untuk mengganti plastik sekali pakai dengan besek bambu sebagai wadah daging kurban yang lebih ramah lingkungan dan bermanfaat untuk penerima kurban," kata para inisiator melalui laman kampanye resminya.

Berkaca dari perhitungan di atas, para inisiator menggagas Patungan Besek. Cukup dengan berdonasi Rp40 ribu, kamu sudah bisa membantu mengurangi sampah plastik di hari raya Iduladha nanti lho!

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Bhakti dan Nazla, Lurah Capaska Jawa Barat

Senin, 15 Agustus 2022 | 06:30 WIB

Mengolah Sampah Jadi Berkah ala Buruan Sae Sawargi

Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:11 WIB
X