• Selasa, 27 September 2022

Canggihnya Bus Listrik ‘Merah Putih’ Karya Mahasiswa Universitas Indonesia

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:57 WIB
Bus listrik Merah Putih karya mahasiswa Universitas Indonesia dipamerkan dalam acara puncak peringatan Hakteknas ke-27 (Dokumentasi Universitas Indonesia)
Bus listrik Merah Putih karya mahasiswa Universitas Indonesia dipamerkan dalam acara puncak peringatan Hakteknas ke-27 (Dokumentasi Universitas Indonesia)

BERITABAIK.ID - Inovasi kembali datang dari anak bangsa. Belum lama ini, bus listrik ‘Merah Putih’ karya Mahasiswa Universitas Indonesia dipamerkan dalam acara puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-27.

Sebagai informasi, acara ini diadakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

Tujuannya, membangkitkan semangat inovasi dalam negeri dan merayakan transformasi pendidikan yang didorong produk teknologi karya anak bangsa.

‘Merah Putih’ adalah bus listrik dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tertinggi di Indonesia untuk kelas bus besar, yaitu dengan panjang 12 meter dan bobot maksimal 16 ton.

Baca Juga: Biar Enggak Mubazir, Yuk Donasikan Sepatu Bekasmu ke RePairs!

Bus ini mampu menampung berat penumpang sebesar 13 ton dengan kecepatan maksimal 120 km/jam.

Bus listrik ini merupakan bus yang dirancang mandiri oleh para ahli UI dan dibangun oleh perusahaan dalam negeri, yaitu PT Mobil Anak Bangsa (MAB), PT NSAD, PT Pindad, dan PT AICOOL. 

Sebut saja platform chassis-nya, sistem penggerak, sistem rem, sistem kendali, inverter, dashboard, serta sistem pendinginnya (Air Conditioning).

Selama hampir 3 tahun, UI bersama keempat perusahaan tersebut berkolaborasi dalam pembuatan bus listrik.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mimpi dan Konsistensi Vanya untuk Terus Menari

Senin, 19 September 2022 | 12:15 WIB

Menyelami Keindahan Gambar Nadya Sebagai Alat Komunikasi

Jumat, 16 September 2022 | 20:30 WIB

Tekad Hericka Wulandari Ingin Jadi Guru SLB Sejak Muda

Kamis, 15 September 2022 | 11:00 WIB
X