• Rabu, 17 Agustus 2022

Disabilitas Makin Banyak Teman dengan Hadirnya Aplikasi TeDi

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 10:45 WIB
Aplikasi TeDi (Istimewa/Dokumentasi FMIPA Unpad)
Aplikasi TeDi (Istimewa/Dokumentasi FMIPA Unpad)

BERITABAIK.ID - Penyintas disabilitas sekarang punya makin banyak teman. Terbaru, ada aplikasi Teman Disabilitas atau TeDi, yang bisa menemani dan bermanfaat buat mereka menjalankan rutinitasnya.

Aplikasi yang disebut TeDi ini merupakan aplikasi aksesibilitas all-in-one pertama di Indonesia yang bertujuan memudahkan kebutuhan teman disabilitas.

Enam kreator di balik aplikasi TeDi adalah Najma dan Julio Fahcrel (FMIPA Unpad), Pratama Azmi Atmajaya (Universitas Telkom), Sang Bintang Putera Alam (Politeknik Negeri Jember).

Kemudian Gilang Martadinata (Universitas Presiden), Hazlan Muhammad Qodri (UPN Veteran Yogyakarta). Mereka adalah lulusan terbaik program Bangkit Academy 2022 Kemendikbudristek.

TeDi merupakan aplikasi mobile Indonesia pertama yang memiliki fitur-fitur untuk membantu tiga tipe disabilitas sekaligus: tunanetra, tunarungu, dan tunawicara.

Baca Juga: Yuk, Mengenal Sejarah Kebun Binatang Bandung

Aplikasi ini menawarkan fitur BISINDO translator untuk menerjemahkan bahasa isyarat, Object Detection untuk mendeteksi objek di sekitar, Currency Detection untuk membaca mata uang, dan Text Detection untuk membaca sebuah teks.

Ide pembuatan aplikasi ini berangkat dari kepekaan para kreator terkait permasalahan yang dialami teman disabilitas di Indonesia.

Mereka melihat adanya keterbatasan dalam berkomunikasi dengan difabel dan juga permasalahan diskriminasi terhadap difabel.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Bhakti dan Nazla, Lurah Capaska Jawa Barat

Senin, 15 Agustus 2022 | 06:30 WIB

Mengolah Sampah Jadi Berkah ala Buruan Sae Sawargi

Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:11 WIB
X