bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kesehatan
Sebanyak 1,4 juta remaja putri Jawa Barat usia 12-18 tahun akan rutin diberikan tablet penambah darah.

1,4 Juta Remaja Putri di Jabar Rutin Terima Tablet Penambah Darah

BERITABAIK.ID - Sebanyak 1,4 juta remaja putri Jawa Barat usia 12-18 tahun akan rutin diberikan tablet penambah darah.

Pemberian tablet penambah darah untuk remaja putri yang di antaranya merupakan
siswa SMA/SMK sederajat ini guna meminimalisasi terjadinya berbagai penyakit.

Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi mengatakan, tablet penambah darah ini diberikan kepada remaja putri Jabar oleh Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar.

"Hari ini untuk remaja putri yang minum saya perkirakan kurang lebih 1,4 juta (orang) yang terdiri dari anak-anak remaja di sekolah, SMA/SMK sederajat dan juga sebagian SMP dan sebagian di lingkungan Kementerian Agama," ujar Dedi Supandi.

Dia menyampaikan hal tersebut di sela-sela Kampanye Gizi Seimbang dan Gebyar Minum Tablet Tambah Darah (TTD) di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Biar Enggak Mubazir, Yuk Donasikan Sepatu Bekasmu ke RePairs!

Nantinya, dosis tablet penambah darah ini akan dikonsumsi oleh remaja putri secara berkala satu tablet untuk satu minggu. Pihaknya akan memberikan kartu sebagai bagian dari monitoring dan evaluasi program tersebut.

"Dan selain kartu itu ada aplikasi ceria, aplikasi itu ada di playstore. Aplikasi itu juga mengingatkan akan bunyi jika belum minum," kata Dedi.

Menurut Dedi Supandi berbagai dampak kesehatan akan muncul bila kekurangan darah.

Sementara remaja putri tentunya memiliki potensi besar mengalami berbagai macam jenis penyakit yang ditimbulkan oleh kekurangan darah tersebut.

Dia menyebutkan, penyakit anemia sendiri kini menjangkit 41,8 persen masyarakat Jabar.

Baca Juga: Tukar Sampah Jadi Sepatu, Aksi Baik Tim KKN UPI di Kelurahan Cipedes

"Jika mereka terkena anemia maka dari anemia ini akan berdampak kepada gejala gejala kalau di remaja mengganggu pemikiran, pembelajaran dan lain sebagainya," jelas Dedi.

Tidak hanya itu, menurut Dedi Supandi, anemia juga akan berdampak kepada wanita bilamana hamil dan melahirkan. Kekurangan darah akan memicu munculnya kondisi stunting terhadap anak.

"Maka hari ini kita lakukan serentak untuk membudayakan minum tablet tambah darah," katanya.

Dedi berharap, melalui gerakan minum tablet tambah darah ini mampu menjadikan Indonesia terbebas dari anemia dan mampu zero stunting pada 2045 nanti.

Baca Juga: Wiralagabae Sulap Sampah Bungkus Indomie Jadi Tas Kece

"Tujuannya adalah memersiapkan remaja remaja putri yang ke depannya mereka akan menjadi ibu hamil yang ke depannya, mereka akan menjadi pencipta generasi emas agar 2045 bebas anemia dan zero stunting," katanya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil mengatakan remaja putri berpotensi mengalami anemia.

Hal ini didasari oleh berbagai kebiasaan yang dialami dan sistem hormon dengan adanya menstruasi.

Di antaranya, cukup banyak remaja putri yang menjalani diet ketat namun secara gizi tidak terpenuhi dengan baik sehingga tidak seimbang. Ditambah banyaknya aktivitas yang dijalani dalam keseharian.

"Dengan kita berikan TTD ini agar sehat dan menghadirkan generasi yang tidak stunting, jadi sehat mulai dari remaja putri," ujar Atalia. ***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

'Rebranding', Cara Pemkot Bandung Tingkatkan Kualitas SMP PGRI

Biar Enggak Mubazir, Yuk Donasikan Sepatu Bekasmu ke RePairs!