bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kisah Inspiratif
Bola resmi Piala Dunia 2022 merupakan produk buatan Indonesia.

Bangga Banget! Ada Produk Indonesia di Piala Dunia 2022

BERITABAIK.ID - Meski enggak lolos ke Piala Dunia 2022, kita tetap bisa berbangga hati lho! Sebab, ada produk Indonesia dalam gelaran sepak bola terbesar lima tahunan tersebut.

Ya, Al Rihla, bola resmi yang dipakai di Piala Dunia 2022 ternyata dibuat di sebuah industri kreatif skala menengah di Desa Kedungrejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

General Manager PT Global Way Indonesia Jeftha Sunardi Wibowo menyebut, Adidas telah mempercayakan Al Rihla untuk dibuat pihaknya dengan total pesanan hingga 1 juta bola. Kapasitas produksi GWI mencapai 4 juta bola per tahun.

"Produksi kita 100 persen orientasi ekspor. Untuk produksi kita ada dua lokasi, yakni di Indonesia dan Tiongkok. Tapi, yang terbesar sekitar 60-70 persen adalah di Madiun ini," kata Jeftha dalam laman indonesia.go.id.

Sebagian besar bola produksi Madiun tersebut dipesan untuk memenuhi rak-rak toko resmi Adidas dan mitra mereka di seluruh dunia menjelang perhelatan Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Yuk, Semarakkan Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Dalam situs resminya, Adidas menjual setiap bola seharga USD20-USD165 (Rp288.000-Rp2,37 juta).

Perusahaan multinasional asal Jerman itu juga sudah mendesain 14 bola resmi Piala Dunia sejak 1970.

Telah dua kali pula mereka memberi kepercayaan industri kreatif dalam negeri untuk memproduksi bola resmi Piala Dunia.

Untuk diketahui, bola Al Rihla dibuat dengan teknologi tinggi yang berfokus pada kecepatan.

Dengan begitu, bola bisa bergerak lebih cepat dengan akurasi dan stabilitas yang juga terukur.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut Situ Rawa Kalong Bisa Jadi Tempat Fashion Week

Desain ini juga memungkinkan bola mempertahankan kecepatannya secara signifikan saat bergerak di udara.

Dua desain teknologi baru yakni Speedshell dan CTR-CORE telah membuat Al Rihla mempunyai kecepatan tanpa melewatkan akurasi dan stabilitas.

Sebagai informasi, CTR-CORE merupakan bagian inti bola yang inovatif, didesain untuk meningkatkan akurasi dan konsistensi serta mendukung permainan cepat dengan retensi bentuk dan tekanan udara yang maksimum.

Sedangkan Speedshell adalah bagian kulit bola yang terbuat dari bahan 70 persen polyurethane (PU), 20 persen poliester daur ulang, dan 10 persen viskose.

Selain itu, di dalamnya terdapat tekstur campuran, mikro dan makro. Ini untuk meningkatkan aerodinamika serta menghasilkan tendangan keras dan cepat yang akuratif.

Baca Juga: Yuk, Bawa Balita Ikut Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022

Proses penciptaan bola Piala Dunia 2022 dilakukan dengan pengujian data yang ketat di laboratorium Adidas.

Pengujian ini dilakukan para legenda pesepak bola ternama seperti mantan penjaga gawang timnas Spanyol Iker Casillas serta mantan striker timnas Brasil, Kaka.

"Ini adalah bola resmi untuk pertandingan Piala Dunia 2022. Berkualitas tinggi dan siap untuk dinikmati oleh para pemain bintang yang tampil di puncak permainan mereka pada panggung terbesar sejagat di Qatar," kata Direktur Pemasaran FIFA, Jean-François Pathy dalam laman resmi FIFA.

Baca Juga: Rilis Single Baru, Andira Siap Menyongsong Album Kedua

Desain Al Rihla terinspirasi oleh pakaian tradisional Arab, kondura dengan dominasi putih sebagai dasar permukaan bola serta multiwarna yang modern seperti biru, merah, dan hitam termasuk menyisipkan warna bendera Qatar.

Desain warna modern tadi membentuk panel yang terdiri dari 20 bentuk, terinspirasi oleh Dhow, kapal tradisional bangsa Arab yang berlayar tunggal segitiga.

Uniknya, Al Rihla menjadi bola sepak resmi pertama di Piala Dunia di mana pewarnaan dan pengelemannya memakai bahan dasar air.

Dengan begitu, produk ini lebih ramah lingkungan dan mendukung pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

Bagaimana, TemanBaik? Keren ya? Semoga kolaborasi ini bisa membawa nama Indonesia ke kancah Internasional ya. Semoga, bukan hanya produk lokal saja yang masuk ke Piala Dunia, ya. Tetapi juga timnas sepak bolanya.***

Editor : Marshal Deru Bumi

Inovasi Mahasiswa IPB Bikin Sistem Penyiraman dari Kelembapan Tanah

Yuk, Semarakkan Peringatan ke-77 HUT Kemerdekaan RI