• Jumat, 9 Desember 2022

Festival BerjuanGg, Langkah Komunitas Karasa Bandung Hidupkan Gang

- Kamis, 23 Juni 2022 | 10:34 WIB
Kondisi area kumuh pintu gang yang menjadi sasaran perbaikan Komunitas Kreatif Karasa.bdg.  (Istimewa)
Kondisi area kumuh pintu gang yang menjadi sasaran perbaikan Komunitas Kreatif Karasa.bdg. (Istimewa)

 

BERITABAIK.ID - Apa yang terlintas dalam pikiran Anda saat mendengar kata gang? Kebanyakan mungkin menjawab: jalan sempit, padat penduduk, gelap, bahkan kumuh.

Ya, sejauh ini image tersebut memang begitu melekat dengan gang. Tak heran, terkadang orang berpikir dua kali untuk memasuki gang dengan alasan malas atau takut.

Kondisi ini membuat Komunitas Kreatif Karasa.bdg tergerak untuk mengubah kesan gang menjadi lebih baik, bahkan nyaman dan 'hidup'.

Mereka menginiasi Festival BerjuanGg.2022 dari Juli hingga September. Dua huruf 'Gg' terakhir pada kata BerjuanGg, merupakan akronim dari gang.

Baca Juga: Jadi Amirul Hajj Jabar, Ridwan Kamil akan Pimpin 17 Ribu Jemaah Haji

"Inti dari kegiatan ini sebenarnya ingin menghidupkan menghidupkan gang. Makanya konsep acaranya Festival BerjuanGg.2022. Nantinya dalam setiap kegiatan, kita selipkan huruf'gg' yang artinya gang," kata Inisiator Komunitas Kreatif Karasa.bdg, Andi Abdulqodir kepada Beritabaik, Rabu (22/6/2022).

Festival BerjuanGg.2022 diawali dengan gerakan mempercantik brandgang atau pintu gang di kawasan Cijerah, lokasi terdekat dengan Sekretariat Komunitas Kreatif Karasa.bdg.

Gerakan bernama Brand.Gg ini dimulai pada 23 Juli 2022 dengan mengambil 23 titik brandgang di Perumnas Cijerah II, RW 02, Gempolsari, Bandung.

"Awalnya kita melihat gang di daerah Cijerah ini banyak dan berada di jalan yang kondisinya bagus. Cuma orang jarang lewat di malam hari karena gelap dan sepi," kata Andi.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mimpi dan Konsistensi Vanya untuk Terus Menari

Senin, 19 September 2022 | 12:15 WIB

Menyelami Keindahan Gambar Nadya Sebagai Alat Komunikasi

Jumat, 16 September 2022 | 20:30 WIB
X