Unik dan Berkhasiat, Ini Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan

- Selasa, 29 November 2022 | 11:25 WIB
Ilustrasi bunga lawang. (Unsplash/Atharva Waval)
Ilustrasi bunga lawang. (Unsplash/Atharva Waval)

 

BERITABAIK.ID - TemanBaik, kamu familiar dengan Bunga Lawang? Di balik bentuknya yang unik, berwarna coklat dengan bentuknya yang unik seperti bintang karena memiliki 8 kelopak, tanaman yang selama ini dikenal sebagai bumbu masakan ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan loh!

Dikenal dengan bahasa latin illicium verum, tanaman rempah asli Tiongkok dan Vietnam ini biasa digunakan sebagai penyedap masakan dalam banyak makanan, terutama makanan Asia.

Bunga lawang memiliki senyawa bioaktif, seperti flavonoid dan polifenol yang padat. Juga mengandung senyawa linalool, quercetin, anethole, asam shikimat, asam galat, dan limonene. Berbagai senyawa ini membuat bunga lawang bersifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba.

Salah satu khasiat bunga ini yaitu untuk melawan kanker. Tidak hanya itu, Bunga Lawang juga punya beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Simak ulasannya, yuk!

Mengobati Penyakit yang Disebabkan Infeksi Virus

Kandungan asam shikimat dalam bunga lawing diketahui memiliki sifat antivirus yang sangat kuat. Mengingat khasiatnya, zat ini pun dijadikan sebagai salah satu bahan aktif utama salah satu obat influenza dengan merk ternama.

Baca Juga: Inovasi Sabun Cuci Tangan Buatan Siswa SMKN 1 Garut Dorong Kemandirian Desa

Selain influenza, minyak atsiri dari bunga lawang juga dipercaya dapat mengobati penyakit cirus lainnya, seperti herpes simplex tipe 1.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Cara ini Bisa Mengurangi Mata Minus

Rabu, 25 Januari 2023 | 07:00 WIB

Yuk! Jaga Kesehatan Ginjal dengan 7 Tips Mudah ini

Jumat, 13 Januari 2023 | 15:30 WIB

Catat Nih! 5 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Rabu, 21 Desember 2022 | 12:10 WIB

Diet Sehat dan Nikmat dengan Mengonsumsi 7 Sayuran Ini

Kamis, 15 Desember 2022 | 15:10 WIB
X