Dinni Adrian & Semangatnya Mengembalikan Kejayaan Batik Bandung

- Selasa, 28 September 2021 | 10:25 WIB





Desainer asal Bandung Dinni Adriani sedang berusaha memopulerkan kembali batik Bandung. Tujuannya agar batik Bandung bisa sepopuler batik daerah lain seperti Cirebon, Yogyakarta, Solo, hingga Pekalongan.

Bandung sebenarnya punya batik dengan motif yang jadi ciri khasnya. Motifnya adalah bunga patrakomala dan cangkurileung alias kutilang. Ada yang baru tahu, ya?

Dinni pun mencoba memopulerkan lagi batik Bandung. Ia sedang menggarap batik sesuai ciri khas Bandung. Selain patrakomala dan cangkurileung, ia mengangkat identitas lain dalam batik rancangannya.

"Ikon (motif) yang saya buat itu sudah lumayan banyak ya, di antaranya bunga patrakomala dan burung kutilang. Kemudian angklung, senjata kujang, Gedung Sate, Jembatan Pasupati, Jalan Braga, masih banyak lagi," kata Dinni.

Untuk satu motif batik, butuh waktu perancangan sekitar sebulan. Motifnya dibuat sedetail mungkin agar ciri khas Bandung benar-benar bisa dihadirkan dalam selembar kain batik.

"Membuat satu motif itu sekitar satu bulan. Kemudian dicetak dan dijahit (menjadi pakaian). Untuk desain bajunya juga saya rancang sendiri," ucapnya.

Baca Ini Juga Yuk: Keren! Personil Super Junior Pakai Batik Rancangan Ridwan Kamil

-

Namun, dia mengaku saat ini belum memasarkannya. Sebab, ia masih merancang berbagai motif dan desain pakaian. Dalam waktu dekat, semuanya diharapkan rampung agar batik maupun pakaian berbahan batik ini bisa dijual.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

Produk Fesyen Jadi Unggulan Ekspor Kota Bandung

Selasa, 30 Agustus 2022 | 15:34 WIB

Ini 5 Tips Memilih Busana Lebaran yang Nyaman

Kamis, 28 April 2022 | 09:15 WIB
X