• Rabu, 30 November 2022

5 Jenama Fesyen Lokal dengan Produk Ramah Lingkungan

- Kamis, 26 Mei 2022 | 10:00 WIB
 (dok. Copa De Flores)
(dok. Copa De Flores)

TemanBaik, dengan semakin meningkatnya kesadaran kita akan kerusakan lingkungan, tentu mempengaruhi kita dalam memilih jenama (merek) fesyen yang ramah lingkungan. Enggak perlu khawatir, sekarang ini banyak jenama asli Indonesia yang menawarkan koleksi fesyen yang keren ramah lingkungan.

Biasanya, mereka menggunakan bahan baju berasal dari material yang alami tanpa proses kimiawi serta proses pembuatannya meminimalisir limbah tekstil. Mau tahu merek asli Indonesia apa saja yang menawarkan koleksi fesyen lokal ramah lingkungan? Yuk, simak di bawah ini!

1. Copa de Flores
Pertama ada Copa de Flores yang punya banyak koleksi fesyen berbahan tenun asli Flores, Nusa Tenggara Timur. Semua kain tenun dipastikan berasal dari olahan benang kapas dengan pewarna alam yang ramah lingkungan.

Copa de Flores secara khusus menggandeng komunitas penenun di wilayah Maumere, Sikka, dan juga Timor di Nusa Tenggara Timur untuk memproduksi kainnya. Copa de Flores berharap dapat meningkatkan pemberdayaan perempuan melalui media pembuatan tenun tersebut. 

Koleksi kain tenun dari Copa de Flores udah siap pakai, kok! Ada masker kain, anting-anting, dan baju wanita yang bisa dipakai untuk menemani kegiatan kamu sehari-hari. Kamu bisa cek koleksinya di laman resmi instagram mereka @copadeflores

2. Lakanua
Berikutnya ada jenama asal Bandung, Lakanua. Mereka memanfaatkan limbah kayu industri untuk dibentuk menjadi produk jam tangan. Kayu diolah dengan material epoxy sehingga menghasilkan estetika produk yang unik, tidak akan sama satu sama lain. Kayu dipergunakan untuk bagian kepala jam, sementara bagian tali atau strap-nya dibuat dari kain tenun. Selain kayu, Lakanua juga mengeksplorasi kombinasi material lain seperti, semen, batu alam, dan logam untuk bahan baku jam. Untuk cari tahu koleksi lainnya kamu bisa melihatnya di @lakanua.

Baca Juga: Ini 5 Tips Memilih Busana Lebaran yang Nyaman

3. Loosewood
Berikutnya ada Loosewood asal  Solo, Jawa Tengah yang berinovasi mendaur ulang papan skate (skateboard) yang patah dan rusak dijadikan aneka  produk fashion.  Mulai dari jam tangan, anting, kacamata, hingga tas. Kamu bisa cari tahu banyak prduk mereka lainnya atau membeli secara langsung produk-produk fesyen mereka di @loosewood_

4. Pijakbumi
Berikutnya adalah jenama yang bisa bikin kamu makin keren dengan produk sneakers-nya. Namanya adalah Pijakbumi, mereka berfokus pada pembuatan alas kaki yang disebutnya eco-aesthetic karena hanya menggunakan material yang ramah lingkungan. Salah satu unggulannya adalah sepatu Laka yang terbuat dari bahan katun alami dan material natural dari serat pohon kayu putih untuk bagian pinggirnya. Kaki kamu bakal tetap terasa sejuk di dalam sepatu dari bahan alami ini!

Ada juga produk sandal klasik Nara yang bisa dipakai di rumah. Nara terbuat dari daur ulang katun dan sabut kelapa. Tak hanya di Indonesia, Pijakbumi sudah melayani pembuatan produk sepatu untuk pasar Korea dan Jepang. 

5. Sejauh Mata Memandang
Berikutnya ada jenama 'Sejauh Mata Memandang'. Jenama gubahan desainer Chitra Subyakto ini mengangkat konsep slow fashion. Melalui konsep slow fashion, Sejauh Mata Memandang tidak memprioritaskan kecepatan produksi sehingga dinilai bisa mengurangi limbah tekstil. Dibandingkan kuantitas, jenama ini justru lebih mengutamakan kualitas, yaitu dengan menciptakan produk yang awet dan tidak cepat rusak walaupun sering digunakan.

Lewat deretan produk yang terbuat dari bahan serat kayu natural Tencel misalnya. Selain lembut dan sejuk, bahannya dinilai lebih tahan lama. Ada lagi yang unik nih, selop kain dari modifikasi sisa kain perca batik yang sudah tidak terpakai (upcycle). Bagian kiri dan kanan selop, bisa jadi motifnya enggak sama persis, tapi tetap cantik Sobat Kunjungi laman media sosial Sejauh Mata Memandang di @sejauh_mata_memandang

Nah, keren-keren bukan TemanBaik? Enggak kalah dengan merek dari luar negeri loh! Sudahkah kamu memiliki produk dari beberapa jenama tersebut?

Editor: Irfan Nasution

Sumber: Indonesia Travel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Produk Fesyen Jadi Unggulan Ekspor Kota Bandung

Selasa, 30 Agustus 2022 | 15:34 WIB

Ini 5 Tips Memilih Busana Lebaran yang Nyaman

Kamis, 28 April 2022 | 09:15 WIB
X