• Selasa, 27 September 2022

Bakmi Pelita 2, Kuliner Hidden Gem yang Halal, Enak dan Melegenda

- Jumat, 23 September 2022 | 13:10 WIB
Bakmi Pelita 2. (Humas Pemkot Bandung)
Bakmi Pelita 2. (Humas Pemkot Bandung)

BERITABAIK.ID - Bakmi menjadi salah satu olahan mi yang disukai banyak orang. Makanan ini dipopulerkan oleh pedagang-pedagang Tiongkok ke Indonesia.

Kota Bandung tentu saja punya banyak sekali kedai bakmi di setiap daerahnya. Salah satunya Bakmi Pelita 2, yang sudah ada sejak tahun 1988.

Pada awalnya bakmi ini berlokasi di Pagarsih. Lalu tahun 1998 pemiliknya pindah ke daerah Surapati, tepatnya berada di Gang Pelita II No 3 dan mengubah namanya menjadi Bakmi Pelita 2.

Pendiri kedai bakmi ini adalah Ny Lie Ngiun Tjie. Saat ini sudah dikelola oleh generasi keduanya, yaitu Erik. Nama Pelita 2 sendiri terispirasi dari nama Gang lokasi mereka berjualan.

Baca Juga: Pemprov Jabar Terus Berupaya Hadirkan Digitalisasi Layanan Transportasi

“Banyak yang mengira kalau ini cabang yang kedua. Tapi sebenernya bukan. Jadi di sini ada Gang Pelita I, II, III. Nah biar orang tidak bingung, dinamailah Bakmi Pelita 2 disamakan dengan nama gang di sini," jelas Erik dalam keterangan pers yang diterima dari humas Kota Bandung.

Hal yang membedakan Bakmi Pelita 2 dengan kedai bakmi yang lainnya adalah mi nya yang masih dibuat dengan cara tradisional.

“Cara pembuatannya simpel. Pertama kita meracik tepung, telur, dan sebagainya. Dan tahap keduanya yang lucu, jadi adonan yang masih kasar disimpan di atas meja, lalu ada bambu panjang, nanti ada orang yang naikin bambunya kaya naik kuda, terus diratain," ungkapnya.

"Nah ini emang tradisional sekali dan jarang, karena capek banget. Dan untuk mi yang dihasilkannya paling bisa 13-15 kg per hari,” imbuh Erik.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Es Podeng, Cara Warga Pribumi 'Perangi' Makanan Kolonial

Senin, 26 September 2022 | 14:46 WIB

Para Delegasi U20 Nikmati Kuliner Khas Jawa Barat

Kamis, 1 September 2022 | 19:01 WIB
X