• Rabu, 7 Desember 2022

Cari Oleh-Oleh saat Arus Balik? Ini 6 Rekomendasi Camilan Khas Jalur Pansela

- Rabu, 4 Mei 2022 | 09:46 WIB
 (dok. Wikimedia.org/CC-Midori)
(dok. Wikimedia.org/CC-Midori)

TemanBaik saat mudik usai kita diharuskan untuk segera kembali ke kota tempat kita tinggal dan bekerja. Saat kembali ke perantauan, yang tidak boleh dilewatkan adalah belanja oleh-oleh menarik khas daerahkampung halaman kita.

Nah, untuk kamu yang pulang kampung atau kembali pulang saat arus balik mudik melewati jalur jalur Pansela alias Pantai Selatan, berikut ini rekomendasi oleh-oleh yang wajib dijajal untuk kita bawa pulang. Yuk, simak!

1. Dodol - Garut, Jawa Barat
Siapa sih yang enggak kenal dengan penganan khas Garut satu ini? Ya, dodol Garut! Dodol banyak disukai karena teksturnya kenyal dengan rasa manis yang khas. Varian rasa dodol juga makin berkembang dan unik, salah satunya dodol coklat. Banyak juga aneka pilihan dodol dari Garut yang bisa jadi pilihan buah tangan, seperti dodol buah, dodol tomat, dodol wijen, atau dodol kacang. Harga sebungkus dodol cukup beragam, umumnya dipasarkan mulai dari Rp15-20 ribu.

2. Noga kelapa – Pangandaran, Jawa Barat
Ini adalah manisan khas Jawa Barat yang hanya terbuat dari dua bahan. Namanya Noga kelapa. Proses pembuatannya sederhana, yaitu dimulai dari kelapa tua yang diparut lalu disangrai hingga kekuningan yang kemudian disiram dengan gula merah yang sudah dilarutkan dengan air. Tinggal dicetak dan tunggu sampai kering, noga kelapa siap disajikan. Noga kelapa banyak dijual di pasar tradisional dengan kisaran harga Rp15 ribu per bungkusnya.

3. Geblek - Purworejo, Jawa Tengah
Kalau yang satu ini asalnya dari Purworejo. Kalau kamu berkesempatan melintasi Purwerejo jangan lupa untuk bawa pulang Geblek sebagai oleh-oleh. Camilan ini terbuat dari tepung kanji atau tepung tapioka yang dicampur bawang putih dan juga garam. Ketika baru digoreng dan masih hangat, sensasi kenyal serta gurih yang berpadu dengan cocolan sambal kacang sebagai pendampingny bikin kita enggak bisa berhenti ngunyah. Untuk harga, geblek biasanya dibanderol sekitar Rp15 ribu per bungkusnya.

Baca Juga: Bosan Makan Ketupat? Ini 15 Rekomendasi Kuliner di Kota Bandung

4. Kue adrem - Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Mau sedikit bernostalgia? Nah, kamu bisa mencoba kue adrem dari Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pasalnya, kue legit yang berbentuk mirip fortune cookie ini sudah eksis sejak tahun 90an dengan cita rasa yang masih dipertahankan hingga sekarang. Kalau mau borong kue adrem, mampir ke pasar tradisional dan langsung membeli kue khas ini dengan harga Rp5-10 ribu per bungkusnya.

5. Manco - Trenggalek, Jawa Timur
Selanjutnya ada manco yang merupakan salah satu jajanan tradisional dari Trenggalek, Jawa Timur. Ciri khas dari manco terletak pada taburan wijen yang melimpah dan menciptakan sensasi gurih di antara manisnya adonan tepung beras berbalut gula merah. Teksturnya renyah seperti kerupuk dan dibanderol dengan harga yang murah meriah, sekitar Rp10-15 ribu per bungkusnya.

6. Kue bagiak - Banyuwangi, Jawa Timur
Sobat Pesona yang suka kue kering pasti ketagihan cicipin camilan asal Banyuwangi yang satu ini, yaitu kue bagiak. Dengan campuran tepung sagu dan kelapa parut sebagai bahan utamanya, kue bagiak paling cocok disantap bersama teh hangat. Beberapa varian rasa lain juga tersedia loh. Di antaranya rasa susu, rasa kayu manis, rasa jahe, dan rasa kacang. Tenang, harga sebungkus kue bagiak cukup terjangkau, hanya sekitar Rp20.000-an saja.

Nah, itu tadi adalah oleh-oleh khas Pansela yang bisa jadi pilihan saat kembali dari kampung halaman.

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Olahan Unik Mi Instan yang Cocok Buat Kamu, Yuk Coba!

Sabtu, 5 November 2022 | 08:49 WIB

Es Podeng, Cara Warga Pribumi 'Perangi' Makanan Kolonial

Senin, 26 September 2022 | 14:46 WIB
X