bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Membangun
Pasar Kreatif Kota Bandung 2022 sukses meraih omzet Rp6,5 miliar.

Omzet Pasar Kreatif Bandung Tembus Rp6,5 Miliar

BERITABAIK.ID - Pasar Kreatif Kota Bandung 2022 sukses meraih omzet Rp6,5 miliar. Jumlah tersebut melebih target yang dicanangkan.

Dahsyatnya, baru dilaksanakan pada 5 mal, target sudah mencapai Rp6,5 miliar. Sisanya 1 mal yakni di Paskal 23 dengan target Rp2 miliar.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Bandung Yana Mulyana merasa bersyukur atas target yang telah dicapai. Pasalnya pemulihan ekonomi di Kota Bandung sudah dirasakan menggeliat.

"Omzet di 5 mal itu sudah Rp6,5 miliar, sudah melebihi target yang kita targetkan. Jadi ini menunjukkan pemulihan ekonomi pasca pandemi sudah mulai terjadi peningkatan. Untuk mal ke-6, belum dihitung," beber Yana di sela-sela peninjauan Pasar Krearif di Paskal 23 Mal, Selasa 9 Agustus 2022.

Baca Juga: Kegelapan dan Eksplorasi Musik The White Flakes dalam Mini Album Perdananya

Dengan target yang sudah tercapai, maka kurasi peserta Pasar Kreatif akan semakin ketat agar kualitasnya semakin baik.

"Tentunya dengan kurasi, sehingga produk yang ikut Pasar Kreatif layak dan bersaing dengan produk yang ada di mal," kata Yana dalam siaran persnya.

Dia berharap tentunya bagi para pelaku usaha untuk terus meningkatkan kreativitas juga inovasi.

"Bagi para pelaku UMKM terus berinovasi dan berkreasi. Insy Allah pemerintah hadir memberikan fasilitas. Seperti sertifikat halal, PIRT, Nutrition Fact juga pendampingan," ujarnya.

Baca Juga: Tingkatkan Minat Baca, Mahasiswa ITB Bikin 'Rumah Badak' di Pandeglang

Yana mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung trennya meningkat.

"Kalau lihat pertumbuhan ekonomi trennya baik, hampir semua sektor, perdagangan, jasa dan pariwisata," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah menyampaikan, omzet melebihi target.

Dari seluruh 6 mal itu yakni ditargetkan Rp6 miliar, namun baru 5 mal sudah mencapai Rp6,5 miliar.

"Tahun ini di 5 mal saja sudah Rp6,5 miliar. Paskal 23 ini pengunjungnya banyak. Kalau kami prediksikan di Paskal ini Rp2 miliar, jadi total Rp8,5 miliar dari target Rp6 miliar," beber Elly.

Baca Juga: Jabar Kirim 558 Pramuka Terbaik ke Jambore Nasional

Hal tersebut menunjukkan indikator yang baik, karena pertumbuhan ekonomi di Kota Bandung terus meningkat. Elly menyampaikan, semua sektor meningkat seperti fesyen, kuliner bahkan kraft.

"Masih unggul itu fesyen, kuliner. Karena di Kota Bandung itu kulinernya enak dan enak sekali," kata Elly.

Dia mengungkapkan, selain Pasar Kreatif, Pemkot Bandung juga akan menggelar Bandung Week Market di Beachwalk Bali. Ajang ini akan menggandeng 20 pelaku usaha Kota Bandung yang siap bersaing dengan kualitas ekspor.

"Selain itu ada Festival Sentra Industri, tujuannya agar brand di Kota Bandung dikenal oleh masyarakat. Contohnya seperti sepatu Cibaduyut, sentra rajut Binong Jati, juga kaos di Jalan Suci," bebernya. ***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Ridwan Kamil Usul Pembentukan Gugus Tugas Honorer

Kegelapan dan Eksplorasi Musik The White Flakes dalam Mini Album Perdananya