• Kamis, 11 Agustus 2022

Rayakan dan Dukung Tim Merah Putih di SEA Games Vietnam lewat TikTok

- Jumat, 20 Mei 2022 | 17:36 WIB
 (dok. TikTok Indonesia)
(dok. TikTok Indonesia)

Menyambut gelaran pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara, TikTok mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan sebagai pendukung resmi SEA Games ke-31 untuk memberikan informasi terkini mengenai gelaran tersebut ke masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Lewat tagar #SEAGames31, TikTok siap mendukung masyarakat Indonesia dengan platform yang kredibel, dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam perayaan SEA Games ke-31, mendukung #TimMerahPutih, sekaligus merayakan persahabatan dan semangat sportivitas antar bangsa di Asia Tenggara.
  
"Konten olahraga telah tumbuh dan mewarnai keberagaman konten di TikTok. Kerjasama dengan SEA Games ke-31 semakin memperkaya konten olahraga di platform, mulai dari atlet, mantan atlet, kreator, hingga pengguna. Untuk mendukung kemeriahan gelaran olahraga ini, kami pun menghadirkan beragam kegiatan, fitur, efek, filter, dan musik khusus agar komunitas TikTok dapat mendukung perjuangan #TimMerahPutih, menumbuhkan rasa nasionalisme, merayakan semangat sportivitas olahraga, sekaligus semangat persahabatan antar bangsa di Asia Tenggara," imbuh Mahwari Sadewa Jalutama, Head of Operations TikTok Indonesia.

Para atlet juga dapat menyalurkan kreativitas mereka di TikTok untuk berbagi informasi tentang cabang olahraga yang mereka tekuni, berikut dengan gaya hidup disiplin dan sehat yang mereka jalani. Beberapa atlet nasional #TimMerahPutih dalam SEA Games ke-31 turut berbagi momen dan informasi terkait SEA Games ke-31, antara lain:

(dok. TikTok Indonesia)


1. Potongan Momen Pertandingan Pencak Silat
Mewakili cabang olahraga pencak silat yang merupakan olahraga seni bela diri asal Indonesia di ajang SEA Games, pastinya merupakan suatu kebanggaan bagi seorang Puspa Arum (@parms3901). Ia berkesempatan menjadi atlet pencak silat yang mewakili Indonesia di ajang SEA Games ke-31 di Vietnam, dan berhasil meraih medali perak pada nomor seni tunggal putri.

Atlet yang biasa disapa Dara ini membagikan potongan momen-momen pertandingan final pencak silat SEA Games ke-31 di TikTok, dimana potongan ini menampilkan momen saat ia berlaga di final, foto kemenangannya mendapatkan medali perak, hingga momen kehangatannya saat memberikan selamat kepada atlet asal Filipina yang memenangkan medali emas. 

Baca Juga: PUBG Mobile Indonesia Kolaborasi bersama Gojek Hadirkan Item dan Event Eksklusif


2. Intip Tempat Pelatihan Atlet Sebelum Bertanding
Apa saja sih yang fasilitas yang disediakan untuk para atlet berlatih sebelum pertandingan? Salah satu atlet renang Indonesia, Erick Fathoni (@erickfathoni) berbagi informasi terkait fasilitas yang didapatkan oleh tim nasional Indonesia cabang olahraga renang di SEA Games ke-31. Dalam salah satu kontennya di TikTok, atlet renang putra peraih medali perak nomor estafet 4x100 meter SEA Games ke-31 ini bercerita tim Indonesia mendapatkan fasilitas alat polar heart rate untuk mengukur denyut jantung saat berlatih berenang.

Meskipun berlatih sangat penting sebagai persiapan pertandingan, recovery setelah berlatih dan bertanding juga perlu loh ternyata untuk atlet renang, oleh karena itu para atlet juga disediakan fasilitas ice bath dan jacuzzi untuk proses recovery. 

3. Kilas Balik Momen SEA Games ke-30
Sapwaturrahman merupakan salah satu atlet yang memiliki banyak prestasi di berbagai ajang-ajang olahraga besar, salah satunya pada SEA Games 2019, atlet atletik lompat jauh satu ini telah mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi peraih medali emas dan memecahkan rekor SEA Games lompat baru sejauh 8,03 meter. Pada video yang dibagikan Sapwaturrahman (@sapwaturrahmans) di TikTok, ia terlihat melakukan selebrasi yang menarik saat melihat hasil skor lompat jauhnya.

Atlet atletik yang meraih medali perunggu pada cabang nomor lompat jauh dalam ajang SEA Games ke-31 ini, juga mengungkapkan bahwa berkat momen kemenangan SEA Games sebelumnya, menjadikan ia bertekad untuk berlatih lebih keras pada ajang kompetisi SEA Games selanjutnya.
   

Tak hanya keseruan saat pertandingan SEA Games yang dibagikan para atlet, para kreator di TikTok juga menyambut ajang ini dengan penuh antusias. Salah satunya adalah Mario Delano (@mariodelano) yang berbagi momen kesempatannya untuk mewawancarai salah satu pemain tim nasional sepak bola, Marc Klok dalam program TikTok LIVE.

Dalam kesempatan wawancara tersebut, Mario dan Marc membahas pertandingan sepak bola di SEA Games ke-31 antara Indonesia melawan Timor Leste, yang meski awalnya posisi Indonesia terancam, namun akhirnya #TimMerahPutih berhasil meraih kemenangan dengan skor 4-1.

TikTok juga menyediakan wadah bagi para atlet untuk turut berkarya melalui konten video. Dengan demikian, mereka dapat membuka jendela dan wawasan mengenai dunia olahraga kepada komunitas yang lebih luas lagi, berinteraksi dengan para pendukung, keluarga, sesama atlet, mengajak masyarakat untuk menikmati momen perhelatan olahraga terbesar di Asia Tenggara ini sembari menampilkan diri mereka yang autentik, bahkan memberikan dukungan kepada satu sama lain.

Tya Ariestya, Duta Taekwondo Indonesia (@tya_ariestya) dan mantan atlet taekwondo juga turut mendukung #TimMerahPutih dalam konten terbarunya di TikTok. Sembari menggunakan seragam taekwondo dan mempraktikkan teknik tendangan taekwondo.  Tya menyampaikan momen SEA Games saat ini mengingatkannya pada pertandingan taekwondo yang ia lakukan saat kecil, di mana ia mendapatkan banyak dukungan dari suporter sehingga lebih semangat saat bertanding.

Oleh karena itu, agar para atlet lebih semangat Tya mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung para atlet yang sedang bertanding di SEA Games ke-31 di TikTok

Pemenang medali emas cabang olahraga binaragawan SEA Games 1997, Ade Rai (@duniaaderai) juga tak ketinggalan untuk ikut memberikan semangat kepada para atlet yang sedang bertanding di SEA Games ke-31. Ade berpesan, para atlet perlu menetapkan cita-cita yang paling tinggi, terutama bagi para atlet muda yang baru pertama kali mengikuti SEA Games. Ade juga menambahkan, para atlet harus tetap optimis meskipun mungkin hasil akhir belum sesuai dengan tujuan utama.

Seluruh komunitas TikTok yang ingin ikut mendukung para atlet nasional Indonesia pada ajang SEA Games ke-31, dapat memanfaatkan fitur, efek, filter dan musik bertema khusus SEA Games yang tersedia di dalam platform. Kreator juga dapat mencari inspirasi konten seputar hal ini melalui tagar #TimMerahPutih dan #SEAGames31 untuk mendapatkan info terkini seputar SEA Games dari organisasi resmi, pemerintah dan para atlet.

Pantau terus konten seputar olahraga lainnya di TikTok melalui tagar #SerunyaOlahraga yang saat ini telah mencapai 1,9 Miliar views di TikTok.

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Cara Menghapus Jejak di Dunia Digital

Rabu, 1 Juni 2022 | 13:12 WIB
X