• Selasa, 27 September 2022

5 Trik Jitu Bikin Konten Video Pendek Memasak Hanya dengan Smartphone

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 11:06 WIB
 (dok. SnackVideo)
(dok. SnackVideo)

TemanBaik, konten seputar makanan dari mukbang hingga tutorial memasak selalu jadi salah satu pilihan bagi banyak orang. Apalagi setelah kemunculan platform video pendek, konten-konten tentang makanan pun semakin diminati, baik oleh konten kreator maupun pengguna lainnya sebagai penggemar konten tersebut.

Lewat video pendek, penonton dapat melihat konten yang menarik dan informatif, secara singkat dan tidak bertele-tele. Konten mengenai makanan ternyata juga banyak dijumpai di platform video pendek SnackVideo.

Bahkan, kategori konten ini termasuk dalam top 5 kategori konten yang paling diminati oleh pengguna. SnackVideo juga menyebutkan bahwa telah ada lebih dari 450 juta konten tentang makanan yang dibuat di SnackVideo.

Nah, untuk kamu yang ingin memulai membuat konten tentang makanan, SnackVideo membagikan beberapa rahasia menciptakan konten memasak yang menggugah selera hanya dengan menggunakan smartphone saja. Simak ulasannya berikut ini!

1. Buat video yang berfokus pada makanan, bukan latar belakangnya
Membuat video pendek menggunakan smartphone memiliki berbagai keuntungan, salah satunya adalah kita bisa dengan mudah menyesuaikan fokus kamera. Manfaatkan keuntungan ini agar masakan kamu jadi lebih menggugah selera, yakni dengan memfokuskan kamera pada makanannya. Tunjukan setiap detail makanan secara jelas, pastikan juga terekam dengan fokus dan tajam.

Baca Juga: Rayakan dan Dukung Tim Merah Putih di SEA Games Vietnam lewat TikTok

Selain untuk menunjukkan kelezatan masakan agar lebih menggugah selera, memfokuskan kamera pada makanan juga berguna saat kamu merekam video tersebut di dapur yang sederhana. Jadi, kamu tidak perlu berfokus pada latar belakang yang mungkin berpotensi mengganggu nilai estetika video.

2. Perhatikan arah asap agar tidak mengganggu kamera
Selanjutnya, tak bisa dipungkiri bahwa membuat konten video pendek saat memasak terkadang akan sedikit terganggu oleh asap dari masakan itu sendiri. Oleh karena itu, penting untuk kamu memperhatikan arah asap. Tujuannya, agar asap tidak mengganggu kamera hingga membuat gambar menjadi blur. Memperhatikan arah asap juga berguna untuk memastikan kamu bisa tetap fokus memasak, tanpa perlu repot membetulkan fokus kamera.

3. Membuat konten ASMR atau menggunakan lagu latar yang trendi
Membuat video pendek memasak menggunakan smartphone tetap bisa tampil keren, serta menunjukkan makanan yang menggugah selera. Salah satu rahasianya ialah dengan memperhatikan pemilihan konten. Cobalah untuk berinovasi dengan membuat konten kekinian, seperti ASMR atau video pendek yang menggunakan lagu-lagu trendi. Langkah ini juga bisa membuat konten kamu dilirik oleh para pengguna lain hingga sukses mendapat banyak penonton.

Cara ini telah banyak diterapkan oleh kreator SnackVideo, seperti Laydidiemsia yang rutin membuat video ASMR. Selain visual makanan yang menggugah selera, konsep ASMR pada video pendek juga menghasilkan suara renyah di setiap gigitan. Hasilnya, penonton pun jadi ikut merasa lapar saat melihatnya.

4. Pilih bahan masakan segar dan gunakan peralatan berwarna cerah
Untuk memastikan konten masakanmu terlihat lezat dan menggugah selera, maka kamu harus memperhatikan visual dari alat dan bahan yang digunakan. Terlebih lagi saat merekam menggunakan smartphone dan mengandalkan pencahayaan di sekitar, maka penggunaan alat dan bahan pun menjadi sangat penting.

Ingatlah untuk menggunakan bahan masakan yang masih segar, mulai dari bahan utama hingga bahan pelengkap. Seperti yang dilakukan oleh kreator Lela Ledung saat membuat bakwan bayam, ia secara khusus memetik bayam langsung dari pohonnya sebelum memasak. Meski sederhana dan tak berlebihan, namun bahan yang segar tentu mampu membuat masakan terlihat lebih menggugah selera.

5. Manfaatkan filter "food" di SnackVideo agar lebih menggugah selera
Terakhir, membuat konten video pendek di SnackVideo juga menawarkan suatu kelebihan tersendiri, yakni dengan adanya filter pendukung yang mampu membuat kontenmu terlihat lebih bagus. Saat membuat video pendek memasak, maka kamu bisa manfaatkan filter "food" untuk memastikan tampilan masakanmu tampak lezat hingga mampu memukau penonton.

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Cara Menghapus Jejak di Dunia Digital

Rabu, 1 Juni 2022 | 13:12 WIB
X