• Rabu, 30 November 2022

Menparekraf Dorong Pesantren Manfaatkan Teknologi Digital

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 10:54 WIB
Pesantren didorong untuk go digital. (Foto: Dokumentasi Kemenparekraf RI)
Pesantren didorong untuk go digital. (Foto: Dokumentasi Kemenparekraf RI)

BERITABAIK.ID - Menparekraf Sandiaga Uno mendorong para santri go digital atau memanfaatkan teknologi digital untuk membuat konten kreatif bernuansa religius islami.

Hal itu dia tekankan kepada santri Pesantren Al-Ishlah Bondowoso, Jawa Timur. Untuk diketahui, saat ini terdapat sekitar 5 juta santri dari 28 ribu pesantren di seluruh Indonesia.

Selain itu, jumlah pengguna media sosial Indonesia tercatat mencapai sekitar 191 juta. Berkaca dari data tersebut, Sandiaga berharap semakin banyaknya konten religius islami dari para santri.

“Dari data tersebut, kita tidak bisa lagi melawan, tapi kita harus merangkulnya termasuk sosial media instagram, facebook, youtube, hingga TikTok. Ambil konten yang mencerdaskan kita, yang bisa membuat kita mengambil pelajaran tentang ukhuwah islamiyah,” pesannya.

Baca Juga: Khalimatus Sayidah, Srikandi Para-Bulutangkis dengan Semangat Juang Mantap

Sandiaga berharap proses digitalisasi mampu menjadikan produk-produk ekonomi kreatif bisa dipromosikan melalui medium digital tersebut.

Dia mencontohkan fenomena Citayam Fashion Week yang sempat viral belum lama ini, dan berharap para santri bisa terinspirasi dari sana untuk menyebarkan pengetahuan Islam lewat media digital.

Lebih lanjut, Sandiaga menawarkan konsep ‘FAST’ yakni Fathonah, Amanah, Sidiq, Tabligh. Artinya, meski berselancar di dunia maya, para santri perlu memegang 4 prinsip ini.

“Kami di sini mendorong para santri untuk mengikuti program-program yang diberikan seperti 2D animation, 3D Animation, dan Audio Visual Podcast. Kita ingin santri-santri menciptakan konten-konten kreatif dengan program yang ada,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMART, Inovasi Pelacak Energi Surya Buatan Mahasiswa UI

Selasa, 29 November 2022 | 12:00 WIB

Coba 5 Cara ini Agar Anak Tidak Kecanduan Gawai

Kamis, 10 November 2022 | 06:35 WIB

Hi-Pot, Solusi Bertani Canggih di Lahan yang Sempit

Minggu, 23 Oktober 2022 | 11:20 WIB
X