Simpelman Hadir Permudah Layanan Pemakaman Kota Bandung

- Selasa, 29 November 2022 | 18:35 WIB
Peluncuran aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Pemakaman (Simpelman Bandung Juara) di El Royale Hotel, Selasa (29/11/2022). (Dok. Humas/Prokompim Kota Bandung)
Peluncuran aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Pemakaman (Simpelman Bandung Juara) di El Royale Hotel, Selasa (29/11/2022). (Dok. Humas/Prokompim Kota Bandung)

BERITABAIK.ID - Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang (Ciptabintar) Kota Bandung resmi meluncurkan Sistem Informasi Pelayanan Pemakaman (Simpelman) Bandung Juara, Selasa, (29/11/2022) di Hotel él Royale.

Simpelman menjadi salah satu aplikasi layanan pemakaman yang ada di Kota Bandung.

Tujuan aplikasi ini antara lain untuk optimalisasi peningkatan pendapatan pada sektor retribusi daerah, dan penyempurnaan tata kelola transaksi pembayaran yang lebih transparan, serta memudahkan wajib retribusi dalam pembayaran pemakaman.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyampaikan sistem ini berguna untuk meminimalisasi pertemuan pihak pemberi pelayanan dan yang membutuhkan layanan.

Baca Juga: Selain Kesehatan Jantung, Ini Manfaat Ketumbar Bagi Tubuhmu

"Sangat transparan, mencegah pungli dan efisien bagi masyarakat pengguna. Mudah-mudahan dengan aplikasi ini, keluarga yang berkabung bisa dibantu untuk pencarian lahan makam dan lainnya," ujar Yana.

Selain itu, Pemkot Bandung akan membuat regulasi terkait makam tumpang. Sebab ketersediaan lahan pemakaman di Kota Bandung belum mencukupi.

"Karena jumlah penduduk dengan ketersediaan lahan pemakaman tidak seimbang, kita punya keterbatasan. Kita ikhtiarkan membuat regulasi yang memungkinkan nanti makam tumpang untuk mengatasi ketertiban. Di Makkah juga dilakukan," paparnya.

Baca Juga: Unik dan Berkhasiat, Ini Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kota Bandung Sambut Hari Raya Imlek dengan Toleransi

Kamis, 19 Januari 2023 | 13:40 WIB
X