Kerennya Tas Kulit Ramah Lingkungan Buatan Rayya Stories di Yogyakarta

- Rabu, 25 Januari 2023 | 08:20 WIB
Produk tas di Rayya Stories. (jogjakota.go.id)
Produk tas di Rayya Stories. (jogjakota.go.id)

 

BERITABAIK.ID - Kenalan dengan Rayya Stories, yuk! Ya, mereka adalah satu produsen brand fesyen berbahan dasar kulit asal Yogyakarta yang mengusung konsep ramah lingkungan.

Mengusung usaha yang ramah lingkungan, Rayya Stories bertekad mengurangi bahan kimia agar limbah yang dihasilkan saat produksi tidak mencemari lingkungan.

Rayya Stories yang merupakan label miliknya ini sudah berdiri sejak 5 Juli 2014. 

Usaha yang dimiliki Muhammad Lutfi Irwanto dan Yetti ini memproduksi tas, dompet hingga pouch berbahan kulit. Hingga kini produknya sudah diekspor ke Amerika Serikat, Belanda hingga Pakistan.

"Kita produksi 98 persen handmade atau menggunakan tangan. Bahan kulit dilobangi satu persatu baru dijahit dengan tangan," ujar pemilik Rayya Stories, Muhammad Lutfi dalam keterangan resmi Pemerintah Kota Yogyakarta.

Baca Juga: Masyarakat Tionghoa Puji Toleransi Beragama di Kota Bandung

Lutfi mengungkapkan proses pembuatan produk di Rayya Stories bahan baku kulit didapat dari peternak sapi langsung dan dimasukkan ke dalam penyamaan kulit yang mempertimbangkan keamanan lingkungan terhadap limbah yang sudah tersterilisasi. 

"Pembuatan kulit di kami risiko rendah, tidak ada limbah dan tidak mencemari lingkungan," jelasnya.

Pembuatannya pun sangat berbeda dari tas kulit lainnya, ia menggunakan jahitan tangan bukan mesin. Lutfi, sapaan akrabnya mengatakan, jika batik memiliki jenis batik eksklusif bernama batik tulis, maka miliknya juga dibuat dengan eksklusif, handmade langsung dengan tangan.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kota Bandung Sambut Hari Raya Imlek dengan Toleransi

Kamis, 19 Januari 2023 | 13:40 WIB
X