Mengintip Kreativitas Mas Danang Olah Sampah Jadi Batako

- Selasa, 17 Januari 2023 | 07:00 WIB
Danang Wahyu Wibowo, pemuda kreatif Yogyakarta dengan inovasinya mengolah sampah menjadi batako. (Dokumentasi jogjakota.go.id)
Danang Wahyu Wibowo, pemuda kreatif Yogyakarta dengan inovasinya mengolah sampah menjadi batako. (Dokumentasi jogjakota.go.id)

 

BERITABAIK.ID - Diberlakukannya program nol sampah anorganik di Kota Yogyakarta membuat masyarakat melakukan kebiasaan baru memilah sampah dan menyelesaikan sampah dari sumber.

Salah seorang warga RW 17 Bumijo, Danang Wahyu Wibowo membuat inovasi baru mengolah sampah anorganik menjadi batu bata atau sering disebut batako. 

Menurutnya, inovasi ini masih dalam proses pengembangan dan mencari formula yang paling tepat.

"Batako ini bisa digunakan untuk konblok namun untuk saat ini, yang paling penting bukan membuat material namun memusnahkan sampah agar program zero sampah anorganik berhasil," ujar Danang seperti dilansir dari keterangan resmi Pemkot Yogyakarta.

Danang menjelaskan pembuatan batako menggunakan sampah residu yaitu styrofoam dan plastik yang tidak laku jual. 

Baca Juga: Yuk, Ciptakan Momen Imlek Terindah Bersama InterContinental Bandung Dago Pakar

Contoh plastik yang digunakan antara lain plastik sachet sampo, deterjen, makanan ringan seperti ciki. Selain dibuat batako, adonan plastik bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan ukiran hiasan dinding.

"Untuk styrofoam diperlakukan tidak dimasak, cukup dicacah dan dicampur semen dengan perbandingan styrofoam 30 persen dan semen 70 persen. Sedangkan sampah plastik dimasak dengan suhu tinggi dengan campuran oli bekas. Untuk saat ini perbandingannya satu kilogram sampah plastik dicampur oli bekas satu kilogram," jelasnya.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kota Bandung Sambut Hari Raya Imlek dengan Toleransi

Kamis, 19 Januari 2023 | 13:40 WIB
X