• Kamis, 11 Agustus 2022

Ini 5 Rekomendasi Hotel Ramah Lingkungan untuk Staycation

- Senin, 9 Mei 2022 | 10:56 WIB
 (dok. Hyatt Regency Yogyakarta)
(dok. Hyatt Regency Yogyakarta)

TemanBaik, dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pariwisata berkelanjutan, Indonesia pun melalui Kemenparekraf turut mengembangkan destinasi wisata yang berkelanjutan. Untuk menunjang hal tersebut, tentu harus didukung dengan sarana yang ramah lingkungan. Termasuk penginapan.

Beberapa dari kita mungkin belum terlalu familier dengan istilah green hotel. Green hotel sendiri adalah penginapan yang mengusung konsep ramah lingkungan dan kelestarian lingkungan. Biasanya, green hotel punya suasana lingkungan masih asri, menggunakan bahan baku yang dapat didaur ulang, hemat energi, dan juga sudah didukung dengan pengelolaan limbah yang baik dan sangat nyaman untuk jadi tujuan staycation.

Nah, untuk kamu yang ingin menjajal suasana staycation yang berbeda bersama keluarga di penginapan dengan konsep green hotel, berikut adalah 8 hotel yang berkonsep ramah lingkungan di berbagai daerah di Indonesia yang dilansir dari laman Indonesia Travel. Yuk, simak!

Hyatt Regency Yogyakarta
Hyatt Regency Yogyakarta adalah salah satu green hotel terkemuka di Indonesia yang sudah mengantongi banyak penghargaan. Salah satu prestasi gemilangnya adalah mendapatkan ASEAN Green Hotel Standard Award  pada tahun 2018. 

Suasana yang dihadirkan oleh hotel bintang lima ini memang begitu asri, dengan kehadiran lapangan golf  dan kebun seluas 22 hektar. Pemandangannya juga kian sempurna karena hotel ini berlatar belakang Gunung Merapi. Hotel ini juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya, seperti pusat kebugaran, spa, dan juga sauna. Hotel ini berlokasi di Jalan Palagan Tentara Pelajar, Yogyakarta, Indonesia. Untuk info lebih lanjut kalian dapat mengunjungi laman resmi mereka di Hyatt Regency Yogyakarta

Soori, Bali
Kamu ingin menginap di hotel yang dikelilingi dengan sawah yang asri? Resor satu ini bisa jadi pilihan utama buat kamu. Tak hanya pemandangan sawah yang asri, di Soori Bali kita juga dapat merasakan eksotisnya Pantai Kelating yang berwarna kelabu. Hotel mewah berdesain modern dan minimalis ini terletak di barat daya pulau Bali, tepatnya di Desa Kelating, Tabanan.

Baca Juga: Ini 5 Destinasi Wisata Berkelanjutan di Indonesia


Di dalamnya terdapat berbagai macam jenis villa yang ditemani oleh infinity pool pribadi dan teras yang nyaman. Fasilitas-fasilitas mewah lainnya yang ditawarkan di sini diantaranya adalah restoran menyajikan sajian Barat premium serta spa yang sungguh menenangkan.Tunggu apa lagi, untuk informasi lebih lanjut kamu bisa stalking laman resmi Instagram mereka di @sooribali

Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta
Satu lagi rekomendasi hotel ramah lingkungan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi saat liburan di Yogyakarta nanti, yaitu Green House Boutique Hotel. Hotel ini mengusung konsep pembangunan greenhost yang mengedepankan kelestarian lingkungan. Selama di sini kamu akan dimanjakan dengan aneka tanaman hidroponik yang dibuat berderet secara vertikal. 

Tak hanya pemandangan hijaunya yang jadi daya tarik hotel ini, fasilitas yang ada di hotel ini pun sangat menarik.

Bagaimana tidak, sebanyak 96 kamar menghadirkan suasana yang terasa berbeda berkat sentuhan artsy para seniman. Hotel ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti ketersediaan akses internet, kolam renang, pusat kebugaran, dan masih banyak lagi! Penasaran dengan hotel unik yang satu ini? Kamu bisa berkunjung ke jalan Prawirotaman II No.629, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Segala informasi tentang mereka juga bisa kamu dapatkan memalui situs web Greenhost Boutique Hotel.

Alila Villa Uluwatu, Bali
Alila Villas Uluwatu merupakan resor Indonesia pertama yang mendapatkan sertifikat dari Green Globe dalam kategori Environmentally Sustainable Design berkat penerapan Alila Zero Waste to Landfill. Konsep tersebut merupakan bentuk komitmen Alila untuk berusaha semaksimal mungkin dalam mengelola limbah agar tidak merusak lingkungan di sekitar hotel. Selain itu, resor ini juga meminimalisasi penggunaan listrik dengan cara memaksimalkan pencahayaan dan ventilasi secara alami. 

Tak hanya ramah lingkungan, resor bintang lima di kawasan Uluwatu, Bali ini juga mampu memanjakan kita dengan berbagai fasilitas istimewa yang ia miliki. Sebut saja beberapa fasilitas, seperti private pool di setiap kamarnya, fasilitas spa, dan pemandangan ke lautan lepas. Saat matahari terbenam, dapat bersantai menikmati pemandangan lembayung senja di Sunset Cabana Bar. Kamu dapat mengunjungi situs web mereka di sini untuk informasi lebih lanjut.  https://www.alilahotels.com/uluwatu

Kila Senggigi Beach, Lombok
Siapa yang tak jatuh hati dengan keindahan Pantai Senggigi? Agar semakin puas menikmati keindahan Pantai Senggigi, kamu dapat menginap di Kila Senggigi Beach! Hotel ini merupakan nominasi Green Hotel Award pada tahun 2017 dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Tak seperti hotel kebanyakan yang berbentuk gedung-gedung bertingkat tinggi, Kila Senggigi justru berbentuk bungalow sederhana. Namun, jangan salah, pemandangan yang ditawarkan oleh resor ini mampu membuat kamu betah tinggal berlama-lama, loh! Dengan kamar-kamar menghadap ke taman yang indah dan lautan lepas, hotel ini adalah tempat yang nyaman dan tenang untuk bersantai bersama keluarga. 

Kila Senggigi berlokasi di jalan Pantai Senggigi, Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kunjungi lanab website mereka di sini  Kila Senggigi Beach Lombok untuk informasi lebih lanjut.  

TemanBaik, itu tadi 5 rekomendasi hotel yang ramah lingkungan. Dengan memilih untuk meginap di tempat dengan konsep green hotel, secara tidak langsung kita sudah turut andil dalam melestarikan alam sekitar.

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Sumber: Indonesia Travel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk, Mengenal Sejarah Kebun Binatang Bandung

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:24 WIB

Yuk, Jaga Kelestarian Candi Borobudur

Selasa, 7 Juni 2022 | 12:34 WIB

10 Tempat Wisata di Lembang yang Instagramable

Minggu, 29 Mei 2022 | 10:51 WIB
X