• Rabu, 10 Agustus 2022

Dulu Kumuh, Situ Rawa Kalong Jadi Cantik Setelah Direvitalisasi

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 12:02 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Bonge saat berada di Situ Rawa Kalong Depok.  (Humas Pemprov Jabar)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Bonge saat berada di Situ Rawa Kalong Depok. (Humas Pemprov Jabar)

BERITABAIK.ID - Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok sekarang menjadi indah setelah direvitalisasi.

Sebelumnya, situ seluas 8,5 hektare itu dulunya juga menjadi tempat pembuangan sampah domestik, limbah industri, dan keramba ikan yang kurang produktif.

Kemudian, Ketua Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Curug Muhammad Nurdin menggagas revitalisasi Situ Rawa Kalong

"Sejak 2016, saya bareng kawan-kawan terus memperjuangkan penyelematan situ ini ke Pemerintah Kota Depok dan Pemda Provinsi Jabar untuk segera direvitalisasi," kata Nurdin, dalam siaran persnya, Jumat (5/8/2022).

Setelah direvitalisasi dengan anggaran sekitar Rp21 miliar, kini Rawa Kalong menjadi tempat favorit warga Depok untuk rekreasi dengan sejumlah fasilitas.

Baca Juga: Dewa 19 Sajikan 'Still I’m Sure We’ll Love' Jadi Lebih Segar

Sebut saja gedung aula, floating deck, vertical garden, taman lansia, pedestrian, area UMKM, juga terdapat alun-alun kecil yang mengapung di atas air.

Situ ini selain sebagai irigasi berfungsi pula untuk pengendali banjir, dan saat ini juga menjadi tujuan wisata yang berdampak pada ekonomi masyarakat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong hasil revitalisasi ini. Dia berpesan kepada warga supaya situ ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk, Mengenal Sejarah Kebun Binatang Bandung

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:24 WIB

Yuk, Jaga Kelestarian Candi Borobudur

Selasa, 7 Juni 2022 | 12:34 WIB

10 Tempat Wisata di Lembang yang Instagramable

Minggu, 29 Mei 2022 | 10:51 WIB
X